Camat Rambatan Apresiasi Festival Seni Qasidah Rebana

TANAH DATAR – Sumbar Jorong (rt) batulimbak nagari (desa adat) simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar selenggarakan Festival Seni Qasidah Rebana (fsqr) tingkat Provinsi Sumatera Barat. Acara ini diselenggarakan dilapangan volly ball jorong batulimbak. Minggu (12/1/2020) pukul 9:00 s/d selesai.

Pada kegiatan ini tampak hadir dua anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar yakni Alimuhar Sutantunaro, Andri Jinil Simabura SH, Camat Rambatan Liza Martini, pejabat wali nagari simawang marlius, Ketua BPRN Simawang dt rajo nan hitam, 8 wali jorong nagari simawang, tokoh masyarakat nagari simawang Muhammad Nur Idris SH, balon (bakal calon) bupati tanah datar Betty Shodiq Pasadigue, Deddy Triwidono camat tanjung emas (mantan camat kecamatan rambatan) dan unsur masyarakat nagari simawang.

Awal kegiatan ini berlangsung, ketua panita pelaksana festival seni qasidah rebana Rahmat Hidayat memberikan kata sambutan. Kegiatan ini merupakan pengembangan seni budaya islam di tengah masyarakat. Kegiatan ini kami selenggarakan satu kali dalam satu tahun, pada kegiatan ini kami beri tema melalui festival seni qasidah rebana kita tingkatkan ukhwah islamiah persatuan dan kesatuan.

“Juga rahmat hidayat menyampaikan terima kasih kepada para dan para masyarakat yang telah mendukung penyelenggaraan festival seni qasidah rebana yang di selenggarakan di jorong batulimbak. Tak hanya itu rahmat hidayat menerangkan tentang groub seni qasidah rebana yang telah di undang,” ungkapnya.

Sebanyak 45 group yang telah kami undang hampir 100 persen hadir. Para undangan yang kami undang berasal dari berbagai kabupaten yang ada di sumatera barat dan kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir.

Senada dengan Rahmat Hidayat Wali jorong batulimbak israq menyatakan ungkapan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir pada kegiatan ini. Israq menyatakan bahwa festival seni qasidah rebana akan diselenggarakan setiap tahunnya dan berharap dukungan kepada masyarakat nagari simawang secara umum. “Jorong batulimbak secara khusus baik yang berada di kampung halaman maupun di rantau orang,” ujarnya.

Liza Martini yang baru baru ini di angkat sebagai Camat Rambatan menyatakan
Dirinya selaku camat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung cara kerja wali jorong batulimbak dalam menyampaikan semangat gotorohoyong kepada warganya,hingga terciptanya kegiatan yang gemilang ini. Liza juga mengharapkan kegiatan ini merupakan upaya pengembangan potensi seni budaya islam pada masyarakat, memahami dan mengaktualisasikan nilai nilai budaya islam.

“kegiatan ini dapat melestarikan seni islam yang mulai memudar oleh budaya modern juga memperkenalkan kepada masyarakat akan ketinggian dan keluhuran seni, Membangun dan memperkuat tali silaturahmi dalam ukwah islamiah,” ujarnya.

Ditempat yang sama tokoh masyarakat Nagari Simawang M. Nur Idris menyampai kan rasa bangga dan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Nagari simawang dan wali Jorong Batulimbak serta masyarakat terutama majelis taklim yang sudah mengangkat acara festival Qasidah Rabana ini. Ia berharap acara semacam ini bisa diadakan setiap tahun sebagai media mensyiarkan nilai-nilai ajaran islam ditengah masyarakat.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa atas diseleng garakan kegiatan ini. Sebuah jorong (rt) tapi bisa mengadakan acara tingkat provinsi ini suatu yang luar biasa dan patut kita acungkan jempol. Apalagi peserta banyak dari luar nagari simawang, mudah-mudah tahun depan bisa diadakan dan ditingkat kembali” kata Muhammad Nur Idris SH.

Di akhir acara salamon selaku anggota panitia festival seni qasidah rebana sempat berbincang bincang dengan wartawan Indonesiaparlemen.com mengatakan pihaknya sangat puas dengan terlaksananya acara ini dikarenakan mulai dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan berjalan dengan aman dan tertib.

“juga panitia dengan masyarakat saling berkerja sama untuk kesuksessan festival seni qasidah rebana ini,” pungkasnya.

(NICO)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *