Kantor PMPTSP Diserbu Ribuan Pencaker

TANAH DATAR – Kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP) Kabupaten Tanah Datar diserbu ratusan pencari kerja (pencaker) .

“Dalam 3 hari belakangan ini tidak kurang dari 100 pencaker setiap hari datang ke sini guna mengurus kartu Ak 1,” Sebut Kepala Dinas PMPTSP dan Naker Tanah Datar Armen melalui Kabid Naker Khairul Anwar Selasa (5/12/2017) di ruangannya.

Disampaikan, membludaknya para pencaker dalam mengurus kartu AK 1 ini berkenaan dengan dibukanya perekrutan tenaga operator mobil pemadam Kebakaran di Dinas Satpol dan Damkar Tanah Datar.

“Dinas Satpol PP dan damkar saat ini membuka lowongan tenaga mobil damkar sebanyak 27 orang dengan rincian 24 laki dan 3 orang wanita, hal ini membuat para pencaker mengurus kartu Ak 1 yang menjadi persyaratan dari rekrutan tersebut,” Terangnya.

Namun disayangkan Tambah Khairul, para pencaker tersebut kebanyakan belum mempersiapkan ataupun mempunyai kartu ak 1 itu sehingga mereka mendadak membuat kartu tersebut sehingga harus berdesak-desakan dikarenakan pencaker yang ingin membuat kartu itu datang sekaligus.

“Seharusnya mereka sudah mengurus sebelumnya sehingga tidak perlu berdesak-desakan seperti ini, kan yang rugi mereka sendiri karena harus antri dan menunggu cukup lama,” Tukasnya.

Khairul juga mengungkapkan bahwa saat ini para pencaker yang telah mendaftar di dinas PMPTSP dan Naker Tanah Datar hampir mencapai angka 10 ribu pencaker dan di dominasi tamatan SLTA Sederejat.

“Dalam rangka membekali para pencaker tersebut, kita sering mengadakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan montir, tata boga, menjahit dan pelatihan memangkas,” bebernya.

Pencaker di Kabupaten Tanah datar tidak hanya mencari kerja di dalam negeri lanjutnya, akan tetapi banyak juga bertujuan keluar negeri.

“Dan diantara para pencaker itu ada yang telah kita latih magang dihotel di negeri jiran Malayasia,” tukasnya. (Nazwira)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *