Karang Taruna Desa Pamekaran Adakan Evaluasi Anggota dan Kinerja di Kedai Saung Nusantara

KARAWANG – Karang Taruna Desa Pamekaran, Kec. Banyusari, Adakan pertemuan rutin untuk evaluasi keanggotaan dan kinerja bertempat di Kedai Lesehan SAUNG NUSANTARA Desa Pamekaran Kec. Banyusari Kab. Karawang, Jawa Barat. Rabu 16/10/2019.

Dalam pertemuan tersebut banyak pemuda yang berantusias memberikan aspirasi untuk acara tersebut, hal itu disambut hangat dan ditanggapi oleh Ketua Karang Taruna Desa Pamekaran Zaky Udin dengan baik.

Dalam pertemuan ini dihadiri oleh 20 pemuda dari 40 anggota pemuda karang taruna yang perwakilan dari beberapa Dusun di antara Dusun Jungklang 1 dan 2,Dusun Babakan Banten, Dusun Kempring dan Dusun Kiara Pamekaran, kegiatan tersebut memang sering dilakukan oleh pihak karang taruna Desa Pamekaran. Tujuannya sendiri untuk meningkatkan tali silaturahmi antar pemuda dengan mengadakan program-program yang positif dan bermanfaat untuk masyarakat khususnya Desa Pamekaran,”ujarnya.
Dalam perbincangan hangat dengan awak media, Zaky Udin selaku Ketua Karang Taruna Desa Pamekaran mengungkapkan bahwa ‘kami mengadakan Pertemuan Rutin ini satu bulan satu kali sekaligus arisan untuk memperlancar jalannya pertemuan dan mengikuti Forum Komunikasi.

Mengadakan komunikasi dan konsultasi dengan pihak – pihak terkait dalam menyelenggarakan suatu kegiatan untuk kelancaran dan hasil yang memuaskan. Adapun tujuan Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, advokasi, keagamaan dan kesenian.”Ungkap Zaky.
Tak hanya itu kami para pemuda Karang Taruna Desa Pamekaran juga memberikan bantuan moril dan materiil dalam penyaluran sumbangan kepada masyarakat yang terkena musibah dan
turut berperan serta dalam setiap kegiatan yang ada di masyarakat.

Ia menambahkan, Mendata Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS)
Memasyarakatkan kepedulian terhadap Lansia, Yatim Piatu, Penyandang Cacat, dan lain sebagainya. Serta Mengadakan peringatan hari – hari besar Keagamaan dan juga engadakan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan mesjid dan langgar.

Selain itu juga Kami engadakan yasinan sekaligus arisan warga masyarakat.
Bekerjasama dengan Remaja Mesjid memberikan pelajaran baca tulis Al – Qur’an bagi anak – anak. Menghidupkan nuansa bulan ramadhan melalui Tadarus Al – Qur’an, Peringatan Nuzulul Qur’an, Buka puasa bersama mengadakan Takbir Hari Raya Idul Fitri (dan juga Idul Adha), mengikutsertakan masyarakat /remaja dalam setiap kegiatan lomba yang bersifat agamis, meningkatkan pembinaan dan penyuluhan anak dan remaja sejak dini dalam bidang mental, moral, agama, budi pekerti, sopan santun dalam keluarga dan masyarakat.

Zaky juga menambahkan bahwa kegiatan ini untuk membangun Jati Diri Bangsa dengan sikap mental dan perilaku yang berbudaya dengan menumbuhkan pengamalan sila-sila dalam Pancasila serta membudayakan pemahaman Cinta Tanah Air dan ada kemampuan awal bela negara. Selain itu tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kemampuan hidup dan keterampilan untuk bisa mandiri dan upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Desa Pamekaran. Serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif agar generasi muda tidak terjebak dalam pergaulan yang negatif serta mengikutsertakan generasi muda, mengikuti latihan-latihan kerja dan
membudayakan gerakan Hidup Sehat melalui gerakan perilaku hidup sehat dan bersih.

Mengaktifkan dan pengkaderan kader kesehatan untuk menunjang keberhasilan kegiatan Posyandu di desa. Ikut berpartisipasi aktif dalam penyuluhan kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah untuk mengikuti Pendidikan TK dan TPA agar memenuhi tuntutan pendidikan yang lebih maju dan agamis. Ungkap Zaky Udin.

(Rochman)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *