Ada Kerusuhan di Mako Brimob, Keluarga Nyatakan Ahok Aman

JAKARTA – Peristiwa yang bermula dari cekcok antara tahanan dan petugas dari personel Brimob Polri mengharuskan polisi mensterilkan lingkungan di sekitar rumah tahanan (Rutan) Mako Brimob.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun saat ini sedang menjalani hukumannya di Mako Brimob. Adik Ahok, Fifi Lety Indra mengatakan, Ahok dalam kondisi aman.

“Banyak telepon dan WA dari wartawan maupun kenalan tanya kondisi Bapak (Ahok), saya jawab sudah percaya, aman,” ujar Fifi yang dikutip dari akun Instagram-nya @fifiletytjahajapurnama.

Banyak informasi beredar di media sosial terkait situasi terakhir di Markas Korps Brimob, video dan foto lalu beredar di jagat dunia maya. Polri meminta masyarakat tak langsung percaya informasi-informasi tersebut. Polri juga membantah klaim ISIS sebagai dalang kerusuhan di Mako Brimob.

Informasi apapun yang beredar di media sosial disebut Polri sama sekali tidak benar. “Di media maupun media sosial lagi berkembang. Saya ada di kejadian perkara sejak tadi malam, saya lihat tahap demi tahap, proses demi proses, bahwa apa yang diklaim si A si B dari luar dan lain-lain itu sama sekali tidak benar,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal kepada wartawan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/18).

Jenderal bintang satu ini menyampaikan, pemicu kerusuhan disebabkan karena soal makanan. Menurutnya, tahanan di rutan Mako Brimob memprotes soal makanan.

“Pemicunya hanya sepele, masalah makanan. Jadi makanan yang harus memang sesuai SOP harus diverifikasi dari kami, apakah ada barang-barang lain. Lalu terjadi keributan atau cekcok, itu saja, yang lain-lain tidak ada,” jelas Iqbal.

ISIS telah mengklaim hal itu melalui Amaq News Agency, kantor berita mereka melalui aplikasi Telegram. Pesan dalam bahasa Arab tersebut kemudian dipublikasikan melalui situs kelompok intelijen SITE. Biro berita Islamic State melaporkan pejuang mereka terlibat dalam pertarungan dengan unit anti teror di dalam penjara yang ada di Jakarta.

Polri menyatakan situasi di Rutan Mako Brimob sudah terkendali. Polri sudah menetralisir situasi di lokasi. Polri mengimbau masyarakat agar tidak terhasut informasi terkait kerusuhan yang beredar di media sosial. (Truspal Jones)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *