Dinas Pendidikan DKI Bakal Bangun Sekolah Luar Biasa Di Wilayah Kalideres 

JAKARTA – Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana akan membangun sekolah luar biasa (KLB), yang khususnya menangani siswa dan siswi inklusi.

Rencana pembangunan SLB itu nantinya akan di lakukan pada anggaran tahun 2018. “kita sudah ajukan untuk pembangunan gedung SLB di jalan Tanjung Pura Pegadungan Kalideres,untuk siswa dan siswi inklusi,” Kata Kasudin Pendidikan wilayah 1 Jakarta Barat, Tajuddin saat di konfirmasi Indonesiaparlemen.com. Jumat (24/11/2017). 

Sedangkan masalah meningkatnya siswa maupun siswi inklusi atau yang berkebutuhan khusus menjadi pehatian serius bagi berbagai kalangan, tanpa terkecuali Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas pendidikan Wilayah Barat 1, Tajuddin menjelaskan pembangunan gedung sekolah luar Biasa (SLB) Yang akan menampung siswa siswi Inklusi di wilayah Jakarta Barat 1, sepertinya akan menjadi perhatian khusus, terutama para guru guru yang mengajar nantinya bakal dilakukan pengujian secara seleksi.”Guru guru di SLB nantinya akan ada proses penyeleksian ang khusus,” ucap Tajuddin.

Tajuddin menjelaskan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan sarana dan prasarana untung gedung SLB khusus tersebut. “kami sudah ajukan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait Anggaran dan tempat lokasi yang rencananya akan di bangun gedung tersebut. Lokasinyapun sudah kita tentukan yaitu, di Jalan Tanjung pura kelurahan pegadungan kalideres di atas lahan milik dinas pendidikan seluas lebih dari 4000 meter,” Ungkapnya.

Tajuddin menambahkan, Di gedung sekolah SLB tersebut, semuanya menjadi satu,mulai dari tingkat SD SLB, SMP SLB dan SMA SLB,nantinya akan ada dalam satu gedung tersebut. 

“Sebelum nya siswa siswi inklusi mengikuti kegiatan belajar di sekolah negri yang ada di wilayah jakarta barat,seperti Di SD itu di bagi satu kelas 2 orang dan begitu juga dengan SMP serta SMA.Tapi metode pengajar dan belajarnya berbeda, karena mendapatkannya dengan cara belajar yang khusus dari guru guru yang khusus pula,” Jelasnya.

Untuk kedepannya, Lanjut Tajuddin, siswa siswi inklusi ini akan di tempatkan di sekolahan khusus yang nantinya akan di bangun di wilayaj pegadungan kalideres,” insyaallah,tahun 2018 ini , pembangunan gedung SLB Tersebut akan berjalan,” tuturnya.

Tajuddin mengungkapkan, pihaknya Saat ini sudah memerintahkan para kepala seksi untuk mendata dan menyeleksi para guru guru yang nantinya akan menjadi tenaga pengajar di sekolah luar biasa tersebut.

Saat ini, kata Tajuddin. juga masih banyak tenaga pengajar kita yang stausnya PNS tapi mengajar di sekolahan swasta, karena belum mendapat tempat di sekolahan negeri,nantinya guru guru tersebut akan kita berdayakan di sekolahan tersebut.

Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Barat,jumlah siswa maupun siswi yang inklusi diperkirakan terdapat 153 yang dibagi perkelas dua orang.

Dari pantauan di lokasi SDN 11 jalan Peta Utara Pegadungan Kalideres mencapai 67 orang yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas enam. (Leman)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *