Gelar Sosialisasi, Bank Sampah Migunani Asri Madani Ajak Warga Kp Cibadak Ubah Sampah Jadi Rupiah

KABUPATEN TANGERANG – Guna untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan peran aktif warga terhadap sampah yang ada di rumah dan lingkungan dengan cara mengolah sampah menjadi bermanfaat secara ekonomi, Bank Sampah “Migunani Asri Madani” (BS MAM) Griya Serpong Asri RW 05, Desa Suradita, Kec Cisauk Kabupaten Tangerang mengadakan sosialisasi pengelolaan Bank Sampah yang bertempat di kediaman Bapak Taufik Lubis Gg Mesjid No. 74, RT 03/02 Kp Cibadak, Kab Tangerang, Minggu (15/09/19).

Ketua Bank Sampah “Migunani Asri Madani” (BS MAM) Griya Serpong Asri RW 05 Cisauk Kab Tangerang, Ibu Istiningsih Rahayu, S.Pi didampingi Sekretaris Vivi Fitriani, S. Sos, Seksi Pemilahan, Shinta Dewi dan Seksi Penimbangan Rini Armayanti, mengatakan tujuan sosialisasi Bank Sampah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan rasa kepedulian masyarakat terhadap sampah yang ada di rumah dan dilingkungan dengan cara mengolah sampah menjadi bermanfaat secara ekonomi.

Sesuai dengan motto Bank Sampah, ”Ubah Sampah Jadi Rupiah”, Hal inilah yang kami sampaikan secara detil dan transparan tentang pemahaman dan ilmu pengetahuan kepada kader/warga khususnya di Kp Cibadak RT 03/02 Desa Cibadak ini.

“Kami ( BS MAM) mendatangi langsung warga untuk sosialisasikan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah dan sekaligus menjalin silaturahmi bersama warga.”ujarnya.

Lanjutnya, di daerah kita, jumlah sampah begitu banyak, tapi tidak dikelola dengan baik. Padahal, sampah bisa menghasilkan rupiah. ”Kita harus bersahabat dengan sampah dan jangan dimusuhi. Caranya dikelola dengan baik dan nantinya sampah itu akan bermanfaat dan memberikan keuntungan,” katanya.

”Kami harapkan kader lingkungan dan masyarakat khususnya di Kp Cibadak mendapatkan ilmu berharga bagaimana pengelolaan sampah melalui Bank Sampah yang benar, hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah,” ujarnya.

Istiningsih menambahkan, Sosialisasi Bank Sampah bukan sebatas untuk menyampaikan bagaimana cara pengelolaan sampah, melainkan peserta bisa menjadi kader lingkungan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

”Kita berikan wawasan kepada warga, bahwa sampah itu bisa dikelola dengan baik. Kami harapkan di Kab Tangerang, khususnya di Kp Cibadak bebas sampah ke depannya terutama dalam hal kebersihan pengelolaan sampah,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Vivi Fitriani, S.Sos Sekretaris BS MAM, bahwa setiap sosialisasi, kita sampaikan kepada warga bahwa penting adanya pengurus Bank Sampah, memberikan Pelatihan Pemilahan sampah, pelatihan administrasi dan pemasarannya.

Kedepannya, kita mengharapkan, pemerintah setempat dapat memberikan fasilitas terhadap Bank Sampah, seperti sarana kantor, kendaraan penjemputan sampah, display hasil, dan transportasi penjemputan sampah. Sedangkan target kita, minimal mengurangi volume sampah di wilayah ini.

“Salah satu cara membangun ekonomi kerakyatan dengan industri kreatif ditengah masyarakat dengan memanfaatkan sampah, mengolahnya dan digunakan lagi sehingga menjadi nilai ekonomi, “ujarnya.

Dikegiatan sosialisasi Bank Sampah ini juga telah terbentuk kepengurusan Ketua Pengurus Bank Sampah RT 03/02 Kp Cibadak yaitu Bapak Taufik Lubis, Sekretaris Rian Afriandi dan Bendahara Endi Hariadi serta dihadiri lebih kurang 25 warga sekitarnya.

Dikesempatan itu, Bapak Taufik Ketua terpilih menyampaikan, terimakasih atas dukungan warga khususnya RT 03/02 Kp Cibadak sehingga dapat terbentuk Bank Sampah di Kp Cibadak, Desa Sampora ini.

Selama ini, katanya kita kurang mendapatkan pembinaan tatacara pengelolaan sampah. Setelah adanya Bank Sampah maka kebiasaan membuang sampah sembarangan tidak ada lagi.

“Kegiatan sosialisasi yang dilakukan BS MAM sangat positif. Warga sangat senang karena mendapatkan pemahaman potensi sampah yang jika dikelola dengan baik, dapat memberikan penghasilan tambahan bagi warga.”ungkapnya.

( Glen )

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *