Jumantik Di Kelurahan Kampung Melayu Mengantisipasi Penyakit DBD Saat Musim Hujan

JAKARTA – Jurumantau Jentik (Jumantik) adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin.

Jumantik berperan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapaan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Peningkatan kapasitas bagi para jumantik memampukan mereka untuk menyebarkan informasi yang tepat dan benar tentang penanggulangan DBD.

Seperti yang dilakukan kegiatan diwilayah RW 08 kampung tanah rendah, kelurahan kampung Melayu di RW 08 ada 16 RT secara berputar mengelilingi pemukiman warga petugas menyemprotkanya.

Menurut keterangan dari RT.10 saat ditemui di lokasi menjelaskan bahwa kegiatan ini permintaan dari warga sendiri kepada petugas Jumantik.

“karena dikawatirkan terjadinya penyakit Demam berdarah dan perlu antisipasi karena Curah hujan yang tinggi banyak ada genangan air, perihal biaya tidak ada ini murni kegiatan sosial yang sudah terprogram dilakukan dari keluarahan kampung melayu,” ungkap Kunte. Rabu (23/01/2019). (Dirham)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *