Bakti Sosial, Masyarakat Budayakan Tertib Buang Sampah

ACEH TIMUR – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu penting guna menjaga kebersihan dan menghindari bencana alam, seperti banjir.

“Kami himbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, karena sampah yang menumpuk bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan parit jalan dan berdampak terhadap dangkalnya aliran sungai,” kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, disela-sela Acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis IDI Wilayah Aceh di Lokop, Kecamatan Serbajadi, Sabtu (7/12/2019).

Lanjutnya, kepada pihak kecamatan kami meminta setiap akhir pekan turun ke desa mengajak masyarakat membudayakan gotongroyong di desa, terutama membersihkan berbagai fasilitas umum yang sudah dibangun, seperti parit jalan, bahu jalan dan berbagai fasilitas umum lainnya.

“Kami juga berharap lembaga pendidikan baik formal dan non-formal bergotong-royong, sehingga lingkungan bersih dan jauh dari bencana,” kata bupati seraya mengapresiasi kehadiran sejumlah instansi lainnya dalam Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan Gratis yang dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Dinas Sosial dan BPBD Aceh Timur.

Usai bergotongroyong, Bupati Aceh Timur meninjau tahapan pelayanan dan pengobatan gratis yang melibatkan 26 dokter spesialis di Aceh. Kegiatan Baksos didaerah pedalaman itu dipusatkan di Puskesmas Serbajadi. “Sangat ramai masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan gratis. Rencananya kedepan kita akan melaksanakan kegiatan yang sama 2-3 kali dalam setahun,” kata Bupati.

Sementara itu, animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. “Awalnya direncanakan pelayanan gratis ini berlangsung mulai pukul 09:00 Wib – 14:00 Wib. Tapi karena masyarakat yang mendaftar dengan berbagai keluhan kesehatan, maka pelayanan berlangsung hingga sore,” kata Ketua Panpel Baksos Pelayanan Kesehatan Gratis IDI Aceh, dr. H. Zulfikry, M. Mkes.

(Yuni)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *