IDN Deklarasi Dukung Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin

JAKARTA – Ikatan Da’i Nusantara (IDN) merupakan forum lintas Da’i yang peduli terhadap maraknya narasi keagamaan yang direduksi secara ekslusif terutama menjelang Pemilu 2019. Diperlukan sinergi bersama untuk menghadirkan narasi keagamaan yang inklusif (rahmatan lil ‘alamin).

“Politisasi SARA, ujaran kebencian dan berita hoax, kian marak nan memprihatinkan khususnya jelang Pemilu Serentak 17 April 2019. Ikatan Da’i Nusantara (IDN) memiliki tanggungjawab moral untuk menghadirkan narasi keagamaan yang inklusif dalam bingkai menjaga ukhuwah wathoniyah (Persaudaraan sebangsa). Termasuk melakukan counter narasi keagamaan yang acapkali direduksi untk kepentingan pragmatis. Hal utama ini yang mendorong terbentuknya IDN,” ungkap Ketua Ikatan Da’i Nusantara (IDN), Drs. KH. Thobroni Abdul Ghoni, MA saat ditemui di Kantor DPP ProJoMaC. Jl. Soepomo, No. Soepomo 3A Jakarta Selatan. Kamis (7/3/2019).

Melalui momentum Pilpres 2019, Lanjutnya. IDN memandang Paslon 01 memiliki kesamaan visi yang sama untuk Indonesia yang lebih harmoni. Oleh karena itu, Ikatan Da’i Nusantara (IDN) akan mengadakan: Momentum Pemilu 2019, dipandang perlu untuk lebih aktif menghadirkan narasi keagamaan yang Ramah, Toleran dan Humanis.

“Dalam catatan IDN, Pasangan Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin memiliki
kesamaan visi dan misi menghadirkan narasi keberagaman untuk Indonesia
yang lebih harmonis. Untuk itu, Ikatan Da’i Nusantara (IDN) melakukan konsolidasi sekaligus deklarasi UNTUK JOKOWI – KH. MA’RUF AMIN pada hari ini,” terangnya.

Aksi yang telah dan akan dilakukan oleh IDN untuk 01 adalah melakukan voters
education dan melakukan counter narasi yang santun, ramah dan humanis
terhadap maraknya ujaran kebencian, berita hoax serta poltisasi SARA yang
berkembang di masyarakat. “IDN memandang kontestasi Pemilu sebagai washilah memilih Pemimpin yang amanah dan berintegritas. Diatas semua itu, harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI adalah komitmen IDN untuk Indonesia yang lebih maju,” tambahnya.

Dalam deklarasi tersebut dihadiri oleh KH. Maman Imanulhaq (Direktur Relawan TKN), Pengurus DPP JOMAC, Koordinator-koordinator Wilayah Ikatan Da’i Nusantara (IDN) dan Kyai, Santri dan Jama’ah Majelis Taklim se DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat serta jaringan Ikatan Da’i Nusantara se DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

(Bambang S/Juari)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *