Ketua KPU Kota Tangerang Berkunjung Ke Kantor Sekertariat PWI Kota Tangerang

KOTA TANGERANG – Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra dan beberapa anggota KPU lainya berkunjung ke kantor sekertariat PWI Jl. Taman Makam Pahlawan Taruna Kelurahan Sukasari Kecamatan Tangerang Kota Tangerang pada Rabu (6/2/2019).

Dalam kunjungan nya ke sekertariat PWI Kota Tangerang membahas prihal Tata Kelola Logistik Pemilu 2019. Adapun dalam kunjungan tersebut yang di hadiri Sekjen PWI Kota Tangerang Muhamad Naser dan para Jurnalis Tangerang Raya.

Dalam sambutan nya Sekjen PWI Kota Tangerang Abdul Nazer mengatakan sangat berterimakasih dan apresiasi atas kunjungan Ketua KPU Kota Tangerang ke sekertariat PWI.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Ketua KPU Kota Tangerang ke kantor sekertariat Kami yang sederhana ini, dengan kunjunganya ketua KPU semoga kedepanya lebih mempererat tali silaturahmi dan lebih bersinergi lagi antara KPU dengan kami para wartawan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menerangkan prihal kunjungan nya di Kantor sekertariat PWI Kota Tangerang.

“kedatangan kami dari KPU ke Kantor PWI Kota Tangerang bukan tanpa alasan mengingat PWI selaku organisasi tertua dalam prihal kewartawanan,” pungkasnya.

Dalam kunjungan Ketua KPU ke Kantor PWI Kota Tangerang membahas prihal Tata Kelola Logistik Pemilu tahun 2019. Adapun dari mulai perlengkapan penyelenggaraan pemilu 2019 di gudang KPU Kota Tangerang diantaranya:
Kotak suara, bilikbpemungutan suara, tinta, formulir dan sertifikat, segel, hologram, alat untuk memberi tanda pilihan, sampul kertas, tanda pengenal KPPS petugas ketertiban dan saksi, karet pengikat suara, lem perekat, kantong plastik, ballpoint, gembok, spidol, stiker nomor kotak suara, dan tali pengikat.

KPU kota Tangerang memastikan untuk Logistik peralatan pemilu 2019 sudah 80% siap dan akan segera didistribusikan ke kelurahan kelurahan untuk sementara baru akan di pindah tempatkan di masing masing KPPS. Adapun untuk tahapan DPT sebagai berikut :

Untuk pleno di PPK akan dilaksanaka pada tanggal 9, untuk pleno di KPU tanggal 12 maret, data masuk sekitar 2.383 sedangkan data yang keluar 3.253.

Sedangkan untuk kegiatan Tata Kelola Logistik di gudang Batuceper yang telah dilakukan KPU Kota Tangerang meliputi:
1.Perakitan terhadap 14.475 kotak suara telah mencapai 80%
2.Pengesetan ATK KPPS telah mencapai 100%
3.Pengesetan ID Card telah mencapai 50%
4.Pengesetan logistik dalam kotak suara ( Sampul, Tali pengikat, Busa, Paku, Plastik, Lem,Karet) telah mencapai 100%
5.Pengesetan Formulir (Belum dilaksanakan karena formulir belum lengkap).

Kegiatan Tata kelola logistik pemilu 2019 di Gor Puri Beta Larangan
1.Perakitan terhadap 10.860 Kotak suara telah mencapai 10%
2.Pengesetan ATK KPPS telah mencapai 100%
3.Pengesetan ID Card telah mencapai 100%
4.Pengesetan logistik dalam kotak suara serti (Sampul, Tali pemikat, Busa, Paku, Plastik, Lem, Karet) belum dilaksanakan
5.Pengesetan Formulir belum dilaksanakan karena formulir belum lengkap.

Dan dalam penjadwalan pengelolaan dan diatribusi logistik pemilu 2019 sebagai berikut, persiapan logistik kotak suara dan biliksuara pada tanggal 18 februari sampai dengan tanggal 10 maret 2019, pengerjaan sortir dan pelipatan suara 6 maret sampai dengan 25 maret 2019, sortir dan pengesetan formulir 18 maret sampai dengan 1 april 2019, sortir dan pengesetan alat kelengkapan TPS 21 februari sampai dengan 2 maret, pengepakan logistik ke kotatak suara 22 maret sampai dengan 10 april 2019, distribusi logistik 10 april sampai dengan 16 april 2019, sedangkan dari KPU ke PPK tanggal 10 april sampai dengan 13 april 2019, dari PPK ke PPS 13 sampai dengan 15 april 2019, dan dari PPS ke TPS 16 april 2019.

Dalam daftar manifest kotak suara menurut KPU Kota Tangerang sebagai berikut:
1.Kotak suara dalam setiap TPS berjulah lima kotak suara berbahan karton duplek satu sisi transparan
2.Bilik suara setiap TPS berjumlah empat bilik suara (14.584 bahan karton 5.684 berbahan aluminium
3.Setiap kotak suara berisi surat suara berjulah (DPT + Cadangan 2%) + DPTB) setiap sampul surat suara berisi 100 lembar
Alat kelengkapan TPS lainya seperti Busa, paku, tinta, benang, karet, lem segel, sampul, plastik dan alat bantu tuna netra terdapat di kotak suara PPWP
6.Logistik di luar kotak seperti tanda pengenal KPPS, petugas keamanan, saksi, salinan DPT, Atb, A4, daftar pasangan calon, buku panduan KPPS dan Form C7
7.Setiap kotak selain diindentifikasi melalui tulisan pada sisi transparan, juga diindentifikasi melalui stiker berwarna :
– Abu abu surat suara PPWP
– Kuning surat suara DPR
– Merah surat suara DPD
– Biru surat suara DPRD Provinsi
– Hijau surat suara DPRD Kabupaten dan Kota. (Glen/ Budihariyanto)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *