BANTEN –  Afzalun Zikri adalah pemuda asal Aceh Desa Cinta Raja Dusun Nelayan Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa, peserta Program Bina Kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) Kementrian Agama dan satu satunya perwakilan dari Aceh.

Minggu(17/11) Bina Kawasan 3T yang terletak di Kampoeng Panggehaur Desa Tunggal Jaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Banten menggelar kegiatan Laporan Narasi (Karya Tulis) dan Afzalun Zikri berhasil meraih peringkat I Narasi terbaik dengan judul “Mengabdi Dari Ujung Negeri”.

Amatan media, tulisan ini mengandung banyak hal menarik yang dapat kita kutip yaitu pengalaman, kerja keras, ketekunan dan kesabaran. Afzalun Zikri mengabdi di SDN Tunggal Jaya 1. Banyak kesan dan pesan yang ia dapatkan selama mengajar didaerah terpencil tersebut seperti kurangnya tenaga pengajar dikarenakan jarak tempuh ke desa itu dan masih minim nya nilai kesejahteraan ekonomi masyarakatnya karena kurang nya pendidikan.

“Meski kurang waktu istirahat,namun saya merasa semangat dan termotivasi melihat kegigihan anak-anak dalam belajar. Bagi saya mengabdi didaerah terpencil merupakan sebuah tantangan dan ibadah. Mereka juga anak-anak Indonesia yang butuh pendidikan. Jika kelak saya harus meninggalkan sekolah dan desa ini, saya harap anak-anak tetap bisa belajar dengan baik, “ungkap Afdhal  sapaan akrab pemuda Aceh ini melalui telfon seluler nya.

(Yuni)