Megapolitan

Presiden Jokowi Kirim Bantuan ke Myanmar

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Untuk kloter pertama Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rakhine State, Myanmar. Jokowi menjelaskan, ini merupakan pemberangkatan tahap pertama.
Jokowi mengatakan bantuan ini akan diberikan bagi pengungsi yang berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh. “Alhamdulillah pada hari ini 13 September 2017, kita semua dapat memberangkatkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk para pengungsi dari Rakhine State yang saat ini berada di pernatasan Bangladesh-Myanmar,” ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2017).
Jokowi mengatakan pemberangkatan bantuan kemanusian hari ini merupakan tahap pertama. “Insya Allah minggu depan akan diberangkatkan lagi yang kedua, ketiga dan seterusnya,” kata Jokowi. Kloter pertama penerbangan bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya akan segera berangkat.
Jokowi diagendakan melepas keberangkatan bantuan itu di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pukul 09.00 WIB, Rabu (13/9/2017). Bantuan-bantuan itu diterbangkan dengan 4 pesawat Hercules menuju Aceh, kemudian esok hari (14/9/2017) diterbangkan ke Chittagong, Bangladesh.
Menurut situs Komisi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), ada sekitar 270.000 pengungsi Rohingya di Bangladesh. Sebagian besar berada di Cox’s Bazar. Nantinya, bantuan dari Indonesia pun akan didistribusikan ke Cox’s Bazar yang berjarak 170 kilometer dari Chittagong. (Jones)
Baca Juga :  Aiptu Purwanto dan Keluarga Gelar Tahlilan 7 Hari Meninggalnya Sujianis Binti Jaelan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button