JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Setelah sukses dengan kontes kambing dan domba Agustus tahun lalu di Istana Bogor, kini Kantor Staf Presiden, Kementerian Pertanian serta Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) menggelar ‘Jambore Peternakan Nasional 2017’ di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur, Jum’at-Minggu, 22-24 September 2017.


“Jambore Peternakan adalah wadah konsolidasi antar pelaku usaha peternakan dalam mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita kepada wartawan, Jumat (22/09/7) pagi.

Acara akan diikuti 1.200 peternak dan pelaku usaha dengan mengangkat tema ‘Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani’ dan ‘Bangga Menjadi Peternak Indonesia’. Puncak acara akan diadakan pada Minggu 24 September 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, sekaligus melakukan temu wicara dengan para peternak dan pelaku usaha peternakan.

Kontes Ternak Domba dan Kambing, serta Seni Ketangkasan Domba Garut akan memperebutkan Piala Presiden. Selain itu juga akan diselenggarakan eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci serta penghargaan ‘Anugerah Bakti Peternakan’.

“Berharap agar peternak melakukan pembenahan manajemen budidaya dan perbaikan teknis lainnya, untuk menjadikan Indonesia sebagai sumber protein hewani. Juga kita dorong peternak-peternak kita untuk membentuk korporasi peternak, supaya skala usahanya ekonomis,” papar Ketut Diarmita.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengungkapkan, keinginannya agar jambore ternak bisa rutin digelar tiap tahun sehingga menjadi kalender rutin agenda wisata di Jakarta dan sekitarnya. “Dalam acara ini, Presiden Jokowi juga ingin lebih dekat bertemu dengan masyarakat, khususnya kalangan peternak domba dan kambing,” jelasnya.

Puncak kegiatan juga akan diisi dengan kegiatan makan bersama 100 ekor kambing guling yang diharapkan dapat menjadi rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI). “Para peternak sangat antusias mempersiapkan diri mengikuti acara ini dan bersilaturahim kembali dengan Presiden Jokowi,” kata Ketua Umum HPDKI Yudi Guntara Noor.

Acara yang akan berlangsung melingkupi; Kontes Ternak Domba dan Kambing, Seni Ketangkasan Domba Garut (23 September 2017). Eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci (24 September 2017). Penghargaan Anugerah Bakti Peternakan dan Temu Wicara (24 September 2017). Ekspo dan Pameran Peternakan menghadirkan industri pengolahan hasil peternakan, industri obat hewan, industri pakan, industri kerajinan hasil peternakan, perbankan, asuransi; serta Festival kuliner (22 – 24 September 2017). Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Silaturahmi Nasional Peternak (Silatnas) Kambing Domba dengan Menteri Pertanian (22 – 23 September 2017), Pemecahan rekor MURI makan bersama 100 ekor kambing guling (24 September 2017). (Jones)