​JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini mengumpulkan para pelaku industri kopi beserta para pencinta kopi di beranda belakang Ruang Garuda, Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ngopi bareng ini berlangsung di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi dan para tamunya duduk berbarengan sambil menikmati hijaunya kawasan Istana Bogor. Tepat di Hari Kopi Internasional ini, Jokowi mengajak para seniman kopi untuk berbincang bersama dalam acara ‘Ngopi Sore Bersama Presiden RI’.

“Kita tahu semuanya, Indonesia adalah produsen kopi yang ke-4. Di atasnya masih ada Brasil, Vietnam, Kolombia lalu Indonesia. Seharusnya, kalau kita melihat di lapangan, misalnya di Aceh tengah,di Gayo, di Bener Meriah, itu ada. Kemudian yang saya lihat juga kemarin terakhir di Jember juga ada,” kata Jokowi, Minggu (01/10/17) sore.

Sebelum dialog bersama, Presiden memberikan arahan terlebih dahulu sebelum melihat proses peracikan minuman kopi. Ia pun menyempatkan berbincang dengan peracik kopi serta mencicipi hasil kopi yang diracik menjadi minuman.

Dalam acara ini, Istana juga menghadirkan pelaku bisnis kopi dari berbagai daerah yang juga memperlihatkan proses peracikan minuman kopi di Istana Bogor.

Presiden Jokowi didampingi oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Tampak hadir pula pelaku bisnis Erick Thohir serta sejumlah artis nasional, di antaranya yakni Fitri Tropica, Nino Fernandez, Chico Jericho, dan Julie Estelle.

Suasana ngopi bareng ini berlangsung santai. Bahkan Jokowi juga terlibat diskusi dengan para petani, barista dan pemilik kedai kopi. Di tengah perbincangan santai itu, suasana mendung dan hujan gerimis turun. Jokowi dan para tamunya kemudian bergerak pindah ‘tongkrongan’ di dalam Ruang Garuda Istana Bogor. (Jones)