Megapolitan

Menperin: Pengenaan Pajak Bisnis E-Commerce Jangan Sampai Matikan Industri 

JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyatakan pengenaan pajak terhadap bisnis e-commerce jangan sampai mematikan iklim usaha. Pengenaan basis pajak yang sama dengan sektor formal dapat menumbangkan banyak pemain bisnis e-comerce.

Dia menuturkan, pelaku usaha e-commerce kebanyakan pengusaha perorangan yang baru merintis. Dia menilai, harus ada kebijakan pajak yang berbeda untuk e-commerce, tidak dapat disamakan dengan bisnis konvensional atau offline.

“E-commerce adalah early industry yang baru tumbuh dan berkembang. Kebijakan perpajakannya harus berbeda, enggak bisa dipukul rata dengan bisnis offline,” katanya di Jakarta, Selasa (10/10/17) siang.

Baca Juga :  Seorang Kernet Tewas Tergencet 

Pengenaan pajak terhadap ekonomi digital perlu diterapkan secara sederhana tanpa mematikan semangat entrepreneurship. “Sekarang itu banyak usaha kecil yang menggantungkan bisnisnya dengan menjalin partnership dengan e-commerce, harus tetap bisa menjadi sumber penciptaan entrepreneurship dan lapangan kerja yang kuat,” tambahnya.

Regulasi pajak e-commerce rencananya terbit pekan ini. Beleid itu akan mengatur mulai dari tata cara pembayaran hingga tarif pajak. (Jones)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button