NEWS

Harapan-Harpan Kepada Anies dan Sandi

JAKARTA – Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan – Sandiaga Uno akan dilantik di Istana Merdeka, sore ini. Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono, mengatakan agenda serah terima jabatan (Sertijab) akan diselenggarakan paling lambat tiga hari setelah Gubernur-wakil Gubernur baru dilantik.

Jelang pelantikan itu, sejumlah tokoh publik memberikan testimoni. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, sempat memberikan nasihat kepada sejumlah kepala dinas untuk loyal kepada pemimpin baru mereka. 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, yang menghadiri pertemuan tertutup di Balai Kota pada Senin (9/10/17) kemarin mengatakan, Djarot meminta semua kepala dinas di DKI Jakarta bersikap loyal kepada penggantinya.
Komentar juga datang dari pihak kepolisian. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto berharap agar Anies-Sandi agar intensif menjalin komunikasi dengan beragam elemen masyarakat. Sementara polisi, menurutnya, akan senantiasa menjaga wilayah Jakarta tetap aman.

Tak bisa ditampik, program Anies-Sandi yang dikampanyekan beberapa waktu lalu tidak akan mudah terealisasikan. Mantan Sekretaris Tim Pemenangan Anies-Sandi, M. Syarif, menilai dari empat program prioritas Anies-Sandi, DP rumah nol persen menjadi yang paling sulit direalisasikan.
Soni Sumarsono juga mengatakan, setelah resmi dilantik Anies-Sandi tak boleh langsung melakukan pergantian jajaran di bawahnya. Ada aturan kepala daerah dan wakilnya tak boleh melakukan perubahan personel daerah selama enam bulan setelah dilantik, tetapi jika terpaksa dan itu kebutuhan mendesak, perubahan untuk satu atau dua personel diperbolehkan dengan catatan harus dengan izin tertulis daru Menteri Dalam Negeri.
“Oktober sampai April adalah waktu yang berarti. Kalau tak dapat izin tapi melakukan perubahan, itu namanya pelanggaran Undang-Undang bisa mendapat sanksi pembatalan gubernur,” katanya, Minggu (15/10/17) malam.
Sementara Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengingatkan agar Anies-Sandi harus selalu berdiri di atas semua golongan. Mereka harus merekatkan kembali warga Jakarta yang dalam Pilkada kemarin terbawa arus kampanye yang cukup panas. (Jones)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close