JAKARTA – Dalam rangka mengekploiatasi kemampuan masyarakat menciptakan tarian betawi,  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta belum lama ini melaksanakan LOMBA KARYA CIPTA TARI BETAWI 2017 di Taman Ismail Marjuki Jakarta. Sedikitnya 32 sanggar dari enam wilayah kotamadya se Jakarta ikut serta dalam lomba kali ini.

Menurut Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Gumilar Ekalaya, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan tarian betawi kontemporer

Dia menambah khasanah budaya tari betawi yang dirasakan masih kurang, semakin banyak ibukota memiliki budaya tari khas betawi semakin banyak pula variasi yg akan ditampilkan pada pementasan yang ada.”Supaya ada penyegaran dan tidak monoton,” katanya. Senin (16/10/2017).

Ditambahkannya,  saat ini tari betawi semakin dapat tempat di hati masyarakat. Banyak event yang dilaksanakan,  semakin sering mengakomodir tarian betawi,  sehingga perlu dicari terobosan dengan cara mengadakan lomba kreasi baru.

“Hasil juaranya akan di tampilkan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat nasional dan internasional. “Pendek kata kita siapkan sebanyak mungkin tarian betawi kreasi baru sehingga ada variasi agar masyarakat tidak jenuh,”  ujar Gumilar.

Sesuai data yang ada,  dalam lomba ini para pemenang,  juara satu hingga tiga serta harapan satu dan harapan dua, akan memperoleh plakat dan hadiah uang pembinaan.katanya.

“Ada pun dewan juri yang memberikan penilaian antara lain,  Wiwiek Widyastuti,  Wiwik HW,  Joko SS, Elly D Luthan serta Yahya Andi Saputra. “Mereka ini orang yang berkompeten pada bidangnya.”  Jelas Gumilar,

Dia menambahkan,  “Kegiatan ini dimaksudkan guna menambah kekayaan karya tari betawi shg bisa ditampilkan dalan setiap kegiatan yang ada.”

Berikut Nama pemenang Lomba Karya Cipta Tari Betawi Tahun 2017

Juara 1 : Sanggar Swarga Loka

Juara II : Sanggar Maya Pasundan

Juara III: Sanggar Seni Bestha

Juara Harapan 1 Sanggar Ratna Sari

Juara Harapan II Sanggar Aruni

(Fajar)