LAMPUNG – Aksi Pelaku perampokan bersenjata tajam kembali lagi terjadi di Lampung. Pelaku menyatroni rumah milik Komir (48), pegawai Bank Indonesia (BI) Telukbetung di Jalan Sitara Desa Merak Batin Natar, Lampung Selatan, sekitar pukul 13.30 WIB. Rabu (18/10/2017) siang.

Pelaku yang kepergok pemilik rumah, langsung menusuk perut istri Komir bernama Eni Dwiyani (46) dan seorang pekerja rumah tangga (PRT) bernama Uliyah (50).

Kedua korban yang luka serius dilarikan oleh warga ke Rumah Sakit Medika Natar (RSMN), Lampung Selatan. Menurut saksi mata, Samsul Arif (30), saat terjadi perampokan ia mendengar teriakan minta tolong dari rumah milik korban. Saat itu juga ia bersama warga langsung mendatangi lokasi.

“Saya melihat Uliyah pembantunya Pak Komir, sudah berada di samping rumah dengan kondisi sudah terluka tusukan di perut, dada dan tangannya. Begitu juga Ibu Eni mengalami tiga luka tusuk di pinggulnya,” ucapnya.

Saat itu juga, kata Arif, dirinya bersama warga langsung mengepung rumah korban untuk mencari pelaku. Taklama berselang, Haris, warga Candimas, Natar berusaha kabur dari dalam rumah korban.

Namun dapat ditangkap dipersawahan yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah korban. Massa yang geram, langsung menghakimi pelaku hingga babak belur.

“Beruntung polisi cepat datang mengamankan pelaku, saat itu juga petugas membawa pelaku ke Mapolsek Natar,”terangnya.

Menurutnya, meski sudah menangkap Aris, ia menduga masih ada pelaku lain yang bersembunyi di rumah korban. Sehingga warga bersama beberapa petugas kepolisian dan TNI mencarinya.

Namun setengah jam dilakukan pencarian, petugas tidak menemukan adanya pelaku lain.

Kapolsek Natar, Kompol Eko Nugroho mengatakan, bahwa tersangka mendappat informasi dari rekannya rumah tersebut menyimpan banyak uang. Hal tersebut diketahui tersangka, setelah mendapat informasi dari temannya Ansori.

“Tersangka Haris belum sempat menguras harta milik korban, karena aksinya dipergoki oleh asisten rumah tangga,”ujarnya saat di Mapolsek Natar.

Dari penangkapan tersangka, petugas menyita sebilah pisau garpu yang digunakan tersangka Haris menusuk kedua korban dan sepeda motor Yamaha Jupiter MX warna hitam Biru BE 4355 EN yang digunakan tersangka saat melakukan aksinya.

Eko mengutarakan, tersangka Haris masuk ke rumah korban seorang diri, saat penghuni rumah sedang lengah sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian, tersangka bersembunyi di balik pintu depan. Pada saat Uliyah (50) hendak menutup pintu, melihat tersangka sudah berada di balik pintu tersebut.

Secara spontan, Uliyah berteriak dan Haris langsung menusuk wanita pembantu itu dengan pisau garpu di perut. “Setelah menusuk kedua korban , tersangka Haris lari dan bersembunyi di loteng ,”terangnya.

Beruntunga teriakan korban didengar oleh warga setempat. Saat itu juga, warga mengepung rumah keryawan BI itu tersangka yang berusaha kabur dari arah belakang menuju ke persawahan ditangkap.

Menurutnya, kedua korban yang mengalami luka tusukan, rencananya akan dilakukan operasi malam ini sekitar pukul 19.00 WIB. (Jeje)