SABANG – Usai sarapan dan menyeruput kopi pagi, Gubernur Aceh, Drh Irwandi Yusuf M Sc, didampingi Kepala P2K APBA, Dr Taqwallah, langsung bergerak meninjau sejumlah proyek di Kota Sabang. Untuk diketahui, ini merupakan hari terakhir dari rangkaian kunjungan kerja pilot Eagle One Hanakaru Hokagata, di kota yang terkenal dengan pesona alam bawah lautnya itu. Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bersama Kepala P2K Aceh, Dr. Taqwallah meninjau pembangunan dermaga kapal di Teupin Layeu, Sabang, Senin (30/10/2017). 

Gubernur dan rombongan langsung menuju ke lokasi proyek pembangunan Gedung LPTQ Sabang. Berdasarkan kontrak, proyek senilai Rp1,75 miliar itu harus selesai pada 11 November mendatang. Saat ini, dari target 58 persen proyek tersebut baru selesai dikerjakan sebesar 41 persen atau deviasi minus 17 persen.

Untuk mengejar ketertinggalan, pria yang akrab disapa Bang Wandi itu menghimbau rekanan agar bekerja cepat dengan menambah jumlah pekerja dan waktu bekerja.

“Dari kondisi peninjauan terakhir, saya mengapresiasi progres pengerjaan yang terbilang cepat. Namun, pengerjaan harus terus dipacu karena deviasinya lumayan, minus 17 persen. Selain itu, perhatikan dengan baik pembangunan toilet, karena ini adalah bangunan LPTQ, kebersihannya harus menjadi contoh bagi bangunan-bangunan lain,” kata Bang Wandi.

Sebelum meninggalkan lokasi proyek LPTQ, Gubernur dan rombongan didampingi Wali Kota Sabang, Nazaruddin, singgah di sebuah unit usaha pembuatan mie milik masyarakat. Gubernur sempat berdialog dengan pemilik tempat usaha tersebut. “Bagus, yang seperti ini sangat perlu mendapatkan pembinaan dari pemerintah,” ujar Gubernur singkat.

Selanjutnya, Gubernur menuju ke proyek pembangunan Pasar Kaki Lima Sabang. Proyek senilai Rp1,9 miliar itu saat ini baru selesai dikerjakan sebesar 38 persen dari target awal 42 persen atau deviasi sebesar 4 persen. Di lokasi ini, Bang Wandi kembali mengingatkan rekanan untuk memacu kinerja agar proyek selesai tepat waktu sesuai kontrak.
Gubernur dan rombongan selanjutnya meluncur ke lokasi proyek pembangunan Gedung Administrasi RSUD Sabang. Berdasarkan kontrak, proyek ini harus selesai tanggal 12 Desember. Namun, saat ini proyek tersebut baru selesai dibangun sebesar 58 persen dari target awal 78 persen atau deviasi minus 20 persen.
Terakhir, Gubernur dan rombongan meninjau lokasi pembangunan pelabuhan Teupin Layeu yang berada di kawasan wisata Iboih. Proyek yang berdasarkan kontrak harus selesai pada tanggal 20 November itu, saat ini telah selesai dikerjakan sebesar 85 persen dari target awal 90 persen atau deviasi sebesar minus 5 persen.

Sebelum ke Iboih, Gubernur didampingi Kepala P2K, Dr Taqwallah, sempat singgah ke Dermaga CT3 Sabang. Sebagaimana diketahui, dermaga ini merupakan lokasi puncak acara Sail Sabang 2017. Sail Sabang akan berlangsung mulai tanggal 28 November hingga 5 Desember, dan akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo.Gubernur juga meninjau Dermaga CT3 Sabang.

Tahun 2017 ini, total proyek strategis di Kota Sabang adalah senilai Rp50,9 miliar yang terbagi atas 47 paket proyek. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33 paket senilai Rp41,3 miliar merupakan proyek yang bersumber dari dana Otonomi Khusus. Sedangkan 14 paket senilai Rp9,6 miliar merupakan paket yang bersumber dari dana APBA.

Kota Sabang merupakan penutup dari rangkaian kunjungan kerja Gubernur. Sebelum ke Sabang, Bang Wandi telah berkunjung ke 9 kabupaten/kota lainnya, yaitu Simeulue, Aceh Selatan, Subulussalam, Singkil, Aceh Tenggara, Langsa, Tamiang, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Selama kunjungan kerja, Gubernur selalu didampingi oleh Kepala P2K APBA, Kepala Dinak PUPR dan sejumlah Kepala Dinas terkait lainnya. (Muhd)