DaerahNEWS

Pembukaan Dialog Tentang Peningkatan dan Penguatan Wasbang Bagi Tokoh Agama

SABANG – Badan Kesbangpol Sabang menyelenggarakan Dialog tentang peningkatan dan penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Bagi Tokoh Agama Tahun 2017 di Aula Bappeda Jl. Yos Sudarso  Gampong Cot Ba’U Kec. Sukajaya Kota Sabang, Senin (30/10/17).

Kegiatan yang diikuti puluhan tokoh agama Sabang tersebut mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Peranan Tokoh Agama Dalam Membangun Toleransi Kerukunan Umat Beragama Dengan Kearifan Lokal Dan Falsafah Bhinneka Tunggal Ika”

Dialog itu bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat wawasan kebangsaan bagi tokoh agama, agar warga negara menyadari pentingnya hidup bersama sebagai bangsa atas dasar kesamaan hak dan kewajiban didepan hukum. Selain itu, menghidupkan kembali semangat, mendorong terwujudnya hidup yang harmonis, menjaga keutuhan bangsa serta mendorong pencapaian cita-cita tujuan Nasional.

Adapun sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Dandim 0112/Sbg Letkol Czi. Kholid Firdaus S.E., sebagai pemateri menyampaikan, Badan Narkotika Sabang Ichsan S.Kep Kasi Rehanilitasi BNN Sabang, Danlanud Mus Sabang yang diwakili oleh Kapten Sus Taufik Hidayat Kaintel Lanudmus Sabang.

Kesbangpol Sabang T.M. Firmansyah, SH. MH. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dialog ini sangat penting dilaksanakan guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menambah wawasan agar setiap individu yang telah berhadir dapat mengerti dan memahami betapa pentingnya hidup rukun dan damai.

“Wawasan Kebangsaan ini sangat penting untuk diberikan pemahamannya kepada masyarakat kita, pengajuan perkembangan teknologi akibat bergulirnya Proklamasi 1998 yang sudah luntur di masyakat, kita akan selalu melakukan program penguatan Wawasan kebangsaan,” katanya.

Mengenai peningkatan arus pengunjung wisatawan yang sengaja datang kesabang bisa membawa dampak negatif dan juga membawa dampak positif bagi masyarakat sabang, Ia menyampaikan, maka peran serta tokoh agama dan aparat pemerintah sangat diharapkan agar pengaruh luar tidak merasuk dalam benak masyarakat khususnya masyarakat Sabang.

Kesbangpol Sabang berharap, kepada seluruh elemen masyarakat Sabang pada umumnya khususnya, para tokoh agama dan tokoh adat, agar ikut berperan membantu pemerintah setempat dalam menjaga kearifan lokal, membangun toleransi didalam kehidupan beragama.

“Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan selama mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan keseriusannya, agar dapat menghidupkan kembali semangat kebangsaan, mendorong terwujudnya hidup yang harmonis, serta mendorong pencapaian cita-cita tujuan nasional,” harap Kesbangpol Sabang T.M. Firmansyah, SH. MH.

Dalam pembukan kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Kabid ideologi dan Kebangsaan Kesbangpol Kota Sabang, T. Nur Iskandar S.E., Kabid Polpemkam Kesbangpol Kota Sabang Muchtar AG, S. Pdi., M. Pd., Kabid Pengembangan  Budaya Politik Kesbangpol Kota Sabang Zulkarnaen S. Sos., Ketu Tuha Peut Gampong Kuta Ateuh Kec. Sukakarya Koymta Sabang Murdiyanto, Pendeta GPIB Kec Sukakarya Bpk. Nokkon Rumampuk,  pengurus Gereja Katolik Santa Maria Kec. Sukakarya Kota Sabang. Laurensius (Aim), dan Vihara Budha Dharma Sabang Suyustin. (Muhd)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close