MEULABOH – Kodim 0105/Abar meresmikan tambak dan penaburan bibit Udang Vaname perdana di wilayah Aceh Barat bertempat di Ds. Suak Pandan Kec. Samatiga Kab. Aceh Barat. Kamis (16/11/2017). 

Tambak udang ini berada di wilayah binaan Kodim 0105/Abar seluas 11 hektar dan merupakan percontohan program dari Presiden RI yang akan di budidayakan diwilayah Kab. Aceh Barat dan di fokuskan di Desa Suak Pandan Kec. Samatiga yang merupakan binaan Kodim 0105/Abar.

Komandan Kodim 0105/Abar Letkol Inf. Herry Riana Sukma dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada saudara Amir dan pihak lainnya yang telah mendukung untuk membudidayakan udang semoga budidaya pertama ini akan mendapatkan hasil panen yang baik, kepada seluruh masyarakat  saya harapkan untuk lebih semangat lagi dalam budi daya udang karena udang ini merupakan emasnya laut yang harganya lumayan tinggi, saya harapkan kepada masyarakat pantai yang mau berbudidaya udang untuk mempelajari caranya terlebih dahulu apalagi di Aceh Barat ini sudah ada CV yang membidangi bidang tersebut.

Bapak Amiruddin selaku pengelola tambak mengatakan, bahwa sebelumnya, tambak ini gunakan untuk ternak ikan air tawar, seperti ikan lele, kakap maupun nila, namun dari hasil panen yang diperoleh terkendala dengan pemasaran yang kurang ekonomis.  Tambak dan budi daya udang Vaname ini dapat berjalan berkat kerja sama dengan PT. Sentral Protein Prima, Kodim 0105/Abar dan PT. Mifa Bersaudara. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim oleh Dandim 0105/Abar dan penaburan sebanyak satu juta benih udang Vaname di tambak seluas 11 Ha.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kasdim 0105/Abar Mayor Inf. M.Jafar, Staf Ahli Sekdakab Aceh Barat T. Helmi, Kabag Ren Polres Abar AKP Muhajir, Kajari Aceh Barat diwakilli kasat Intel Ronald Reagen, Ka pengadilan di wakili M. Alhudri SH, Pasiter Dim 0105/Abar Kapten Inf. Suryono Efendi, Pasi Intel Kodim 0105/Abar Lettu Inf.Rais, S.Ap, Danramil Arongan Kapten Inf. Wakijo, Danramil 04/Meureubo Kapten Inf Herinizal, Danramil 09 /Samatiga Letda Inf. Azhari, Dan Unit Intel Kodim 0105/Abar Letda Inf. Suna’Im, Wakapolsek  Samatiga Ipda Z. Saragih, Pimpinan PT. Sentral Protein Prima Suryotomo, Para Camat wilayah pesisir Kab. Aceh Barat, Para Danposramil Kodim 0105/Abar, Para Keucik Kec. Samatiga, para Babinsa Kodim 0105/Abar, Satgas PETA, anak yatim serta Masyarakat Ds. Suak Pandan Kec.Samatiga Kab. Aceh Barat. (Muhd)