Megapolitan

Sudin KPKP Jakbar Sweeping 125 Ekor Unggas di Sukabumi Selatan 

JAKARTA – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat menggelar sweeping unggas di tiga RW Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk. 
Sweeping unggas di pemukiman warga tiga RW telah digelar sejak hari Selasa (14/11)  hingga Kamis (16/11) berhasil memusnahkan puluhan kandang dan 125 ekor unggas yang terdiri dari ayam, bebek dan burung dara.

Kasatlak KPKP Kecamatan Kebon Jeruk, Hendra Juniarto mengatakan, hasil sweeping unggas yang digelar di pemukiman warga tersebar tiga RW yakni 1, 4 dan 5 sejak tiga hari lamanya sebanyak 93 ekor ayam, 13 ekor bebek, 17 ekor burung dar dan dua ekor angsa.

Baca Juga :  Pimpin OTNAS, Menperin Ingin RI Wujudkan Perdamaian Dunia

“Sebagian hewan unggas yang terjaring sweeping langsung dipotong dan diserahkan kepada pemilik. Sisanya, kami meminta pemilik menjual atau memotong,” kata Hendra Juniarto, Kamis (16/11). 

Ia mengungkapkan, sweeping unggas dilakukan dalam rangka penegakan Peraturan Nomor 4 tahun 2007 perihal pengendalian, pemeliharaan dan peredaran unggas di Ibukota. 

Sebelumnya, Sudin KPKP Jakarta Barat bersama Lurah Sukabumi Selatan telah melayangkan surat imbauan agar warga tidak memelihara unggas pangan di lingkungan pemukiman.

Baca Juga :  Tingkatkan Industri 4.0 dan Investasi, Kemenperin Lakukan Kunjungan Ke Benua Biru

“Hari ini, kami bersama aparatur kelurahan melakukan sweeping unggas ke rumah warga sebagai shock terapy,” ujarnya.

Hendra menambahkan, unggas milik warga yang dimusnahkan atau dipotong oleh petugas tidak lagi diberikan ganti rugi seperti beberapa tahun lalu.

“Harapannya, masyarakat semakin sadar untuk tidak memelihara unggas pangan di lingkungan pemukiman,” tambahnya. (Leman) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button