Megapolitan

Hari Ini Putri Jokowi Resmi Bermarga Siregar

MEDAN – Pemberian marga ke putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dihadiri sederet pejabat di Sumut. Salah satunya adalah Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi. Sebelumnya juga Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw datang terlebih dahulu. Kemudian disusul Walikota Medan, Dzulmi Eldin.
Kahiyang Ayu telah melaksanakan prosesi Haruan Boru atau acara penyambutan pengantin perempuan pada 19 November 2017. Rencananya hari ini Kahiyang Ayu akan menjalani acara adat Manggalehan Marga Tu Boru Ni Di Oli atau pemberian marga yang diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Afif Nasution di Medan Johor. Doli Sinomba adalah tulang atau kakak laki-laki dari ibunda Bobby Nasution, suami Kahiyang. 

Baca Juga :  Menperin : Indonesia-Singapura Sepakat Pacu Kekuatan Ekonomi Asia

“Akan diberi marga Siregar sesuai dengan marga ibu kandung Bobby Nasution,” ujar Doli Siregar kepada wartawan, Senin (20/11/17) siang. Doli juga menjelaskan, pemberian marga perlu dilakukan karena Kahiyang Ayu berasal dari luar Mandailing. Sesuai dengan adat Batak Mandailing, jika ada seorang pria menikahi wanita dari luar harus diberi marga agar nantinya bisa dilakukan pesta adat.

Baca Juga :  Sijago Merah Melalap Rumah Warga Hingga Rata

Keluarga Bobby Afif Nasution yang bermarga Nasution akan meminta keluarga Bobby dari pihak ibu yang bermarga Siregar untuk memberikan marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Doli Siregar merupakan saudara kandung ibu Bobby, karena alasan itu pula acara Manggalehan Marga tidak dilaksanakan di rumah orang tua Bobby, melainkan di kediaman Doli Siregar.

Selain keluarga besar Bobby Nasution, acara Manggalehan Marga juga akan dihadiri para tetua adat dan raja Batak Mandailing dari rumpun marga Nasution dan Siregar. Rangkaian adat akan dilakukan saat Kahiyang-Bobby tiba dikediaman. (Jones)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button