BANDUNG – Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, didampingi Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Moch Fachrudin dan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono menerima penghargaan Piala Bergilir dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, di Gedung Sudirman Secapa AD, Jalan Hegarmanah No 152 Bandung, Jawa Barat, Minggu (26/11).

Penghargaan Adi Manunggal Utama dari Kasad Jenderal TNI Mulyono, adalah Piala Bergilir Ksad yang di raih Satuan Kodim 0104/Aceh Timur sebagai predikat Juara Umum di tingkat Nasional, Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tahun 2017.

Adapun tingkat lomba pembinaan teritorial yaitu, tingkat Madya dan tingkat Utama yang merupakan lomba tingkat Tertinggi, yang diikuti oleh 301 peserta satuan teritorial Kodim terpilih di seluruh Indonesia.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono mengatakan, Kodim 0104/Aceh  Timur telah melewati tahap-tahapan dari Tingkat Pratama pada tahun kerja 2012-2013 lalu, dilanjutkan pada Tingkat Madya di tahun kerja 2014-2015, kemudian pada Tingkat Madya berhasil pada predikat ke dua (2) se-Indonesia, sehingga mendapat kesempatan untuk mengikuti tingkat Utama dari 301 satuan teritorial Kodim terpilih di seluruh Indonesia.

“Adapun produk-produk unggulan yang ditampilkan diantaranya, pembuatan pupuk berbahan dasar Keong Emas Hitam, pengolahan sampah atau limbah rumah tangga, pengembangan Listrik dari Pohon Kedondong dan produk lainnya. Hasil karya ciptaan tersebut dinilai Tim Pusterad dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Kodim 0104/Aceh Timur,” jelasnya.

Dari hasil penilaian akhir lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Madya dan Utama oleh Tim penilai yang dipimpin Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadan Pusterad) Brigjen TNI Joko Warsito beserta rombongan Pusterad. Kodim 0104/Aceh Timur dibawah Satuan Korem 011/Lilawangsa membawa nama Kodam Iskandar Muda dan Provinsi Aceh dan dinilai lebih unggul, serta dinyatakan sebagai pemenang meraih juara Umum dan dinobatkan sebagai Kodim terbaik di seluruh Indonesia oleh Kasad, sebut Danrem Agus Firman Yusmono.

Sementara itu, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dan partisipasi para Forkopimda maupun Intansi lainnya, dan seluruh elemen masyarakat Wilayah Korem 011/Lilawangsa di jajaran Kodam Iskandar Muda, khususnya Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Mayjen TNI Moch Fachrudin  menambahkan, Dirinya sangat bangga dan rasa hormat kepada seluruh intansi dan elemen serta seluruh prajurit TNI di Wilayah Kodim 0104/Aceh  Timur, atas kekompakan dan solidaritas dukungan sepenuhnya, sehingga saat ini satuan Kodim 0104/Aceh Timur telah terpilih sebagai juara umum di tingkat Nasional. “yaitu tingkat Madya dan Utama yang merupakan tingkat tertinggi di Angkatan Darat,” tuturnya.

Karena tanpa dukungan semua pihak, dan sinergitas baik antara TNI/Polri serta unsur Forkopimda  dan seluruh elemen masyarakat disini. “keberhasilan dan kemenangan itu tidak akan mungkin terjadi dan dicapai seperti apa yang kita terima saat ini,” pungkas Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin, usai menerima penghargaan berupa Adi Manunggal Utama piala bergilir Ksad, pada kegiatan Apel Danrem, Dandim terpusat Tahun 2017 di Secapa AD, Bandung Jawa Barat.

Dengan demikian, atas predikat juara umum dan dinobatkan sebagai satuan Kodim terbaik, maka Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, didampingi Pangdam IM Mayjen TNI Moch Fachrudin dan Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, berhak menerima penghargaan Piala Bergilir Kasad, (Adi Manunggal Utama) dari Ksad Jenderal TNI Mulyono, turut disaksikan para unsur pimpinan TNI-AD, di Gedung Sudirman Secapa AD. (Yuni)