ACEH TAMIANG – Seorang Pejabat Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang yang di sandra oleh sekelompok pemberontak, Kamis (30/11) dinihari, berhasil dibebaskan pasukan Raider 111 dengan selamat, di Kantor pemerintahan Bupati Aceh Tamiang.

Sebelumnya, para pelaku Penculikan menyekap pejabat daerah dengan maksud, agar keluarga korban segera menebusnya dengan menyerahkan sejumlah uang tunai kepada pelaku jika korban ingin selamat, lapor pelaku pada keluarga korban saat dihubungi via handpone.

Namun belum sempat keluarga korban menyerahkan uang tebusan itu kepada pelaku. Pasukan gabungan Tim Bravo Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti dengan cepat, senyap, dan tepat sasaran, dalam waktu tidak lebih dari tiga menit, tim bravo berhasil melumpuhkan para pelaku dan membebaskan pejabat daerah yang menjadi korban penculikan dengan selamat.

Komandan Batalyon (Danyon) Raider Khusus 111/Karma Bhakti Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis saat dimintai keterangan mengatakan, “pembebasan tawanan tersebut, dalam rangka kegiatan latihan simulasi pemantapan Raider”.

Lanjutnya, “latihan simulasi ini bertujuan agar para prajurit TNI Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti Tualang Cut Kecamatan Manyak Payed, untuk meningkatkan kemampuan tempur apabila menghadapi tantangan tugas operasi kedepan yang bersifat khusus”, jelas Danyon Raider.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono melalui Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Inf Shofanudin menyebutkan, Batalyon Raider 111/Karma Bhakti jajaran Korem 011/Lilawangsa selain merupakan satuan khusus, kemampuan tempur nya diatas kemampuan satuan Infanteri biasa.

Oleh karena itu, Korem 011/Lilawangsa terus melakukan program-program latihan yang telah di Jadwalkan, guna untuk mengasah kemampuan dan taktik tempur yang telah dimiliki para prajurit Raider khusus 111/Karma Bhakti. Dengan harapan, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, satuan Raider khusus sudah siap. “Siap kapan saja untuk digerakkan“, pungkas Kasrem.

Selanjutnya, Sekda Kabupatan Aceh Tamiang Razuardi mengapresiasi tim bravo Raider Khusus 111/Karma Bhakti, dalam melakukan latihan simulasi pembebasan tawanan secara cepat

“Saya sangat mengapresiasi kehebatan para prajurit Raider saat melakukan pembebasan tawanan, sangat cepat, hampir saja saya tidak mengetahuinya. Karena saya bersama pak Kasrem dan Pak Danyon masih berbincang-bincang, dan tiba-tiba dengan sigap dan cepat para prajurit itu melakukannya,”ungkap Sekda.

Aksi latihan simulasi tersebut juga mengundang perhatian warga masyarakat setempat dan para pengguna jalan saat melintas di depan Kantor Bupati Aceh Tamiang, jalan Medan-Banda, dan turut disaksikan antara lain, Kasrem 011/LW Letkol Inf Shofanudin, Danyon Raider Khusus 111/KB Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, dan Sekda Kabupatan Aceh Tamiang Razuardi saat menyaksikan latihan dari halaman kantor. (Yuni)