BANDA ACEH – Warga Sabang kecewa berat dengan informasi batalnya Presiden Jokowi hadir di Sabang Sail 2017.
“Padahal acara ini sudah digarap setahun lalu, dan jadwal juga menyesuaikan dengan jadwal Presiden, tapi mendadak Jokowi batal hadir di Sabang Sail, kami kecewa berat, ini membuktikan Sabang Sail tidak penting bagi Jokowi,” kata Andi, warga Sabang.

Sebelumnya beredar kabar, Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) batal membuka even Sail Sabang 2017 pada Sabtu (2/12/2017) besok di Dermaga CT 3 BPKS, Kota Sabang.

Menggantikan Jokowi, acara bertaraf internasional tersebut akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). “Pak Jokowi batal hadir, mungkin ada agenda lainnya. Yang hadir Pak Jusuf Kalla,” kata Kabiro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin saat dikonfirmasi, Jumat (1/12/2017).

Mulyadi menjelaskan, orang nomor dua di Indonesia tersebut direncanakan terbang ke Sabang, Sabtu (2/12) pukul 06.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan.

“Kira-kira sampai di Bandara Maimun Saleh, Sabang pukul 09.00 WIB pagi dan disambut langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf beserta istri,” ujarnya.

Menurut informasi yang diperoleh, Sail Sabang 2017 akan dimulai pukul 09.30 WIB. Setelah pembukaan, JK akan meninjau KRI Bima Suci, dan stand Sabang Wonderful Expo.

Sekitar pukul 13.00 WIB, JK menuju Bandara Maimun Saleh, Sabang untuk kembali ke Jakarta. (Muhd)