NEWSTNI / POLRI

Pasukan Raider 111 Aceh Memiliki Keahlian Khusus 

ACEH TAMIANG – Satuan Tempur Batalyon Raider khusus 111/Karma Bhakti, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, jajaran Korem 011/Lilawangsa, di Provinsi Aceh yang memiliki keahlian khusus.
Pasukan Raider khusus 111 adalah pasukan TNI yang memiliki kemampuan 3 (Tiga) kali lipat di atas pasukan Reguler dan dibawah Pasukan Komando. Pasukan ini dibentuk untuk meningkatkan daya kemampuan anti teror dan serbuan operasi daerah perairan, seperti Rawa, Laut, Sungai dan Pantai, serta memiliki keahlian-keahlian khusus lainnya.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono mengatakan, satuan Batalyon Raider khusus 111/Karma Bhakti memiliki prajurit-prajurit TNI yang terlatih bahkan kemampuan tempurnya tiga kali lipat dari Batalyon Infanteri biasa.

Hal itu dikatakan Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono didampingi Danyon Raider khusus 111/KB Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis saat meninjau tempat berlangsungnya latihan,yaitu di Kuala Kota Langsa, Jum’at (1/12/2017).

Danrem menambahkan, bahwa mereka dibentuk dan terus dilatih pemantapan Raider diantaranya, latihan serbuan operasi rawa laut, sungai, pantai, dan daerah-daerah perairan lainnya, termasuk dilatih melakukan penyergapan, mobil udara dan terjun dari Heli dengan cepat, katanya.

“Latihan Pemantapan Raider seperti ini bertujuan, untuk mengasah kemampuan para prajurit Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti, sehingga apabila dihadapkan di daerah sesungguhnya dalam suatu tugas operasi yang bersifat khusus, dengan situasi bagaimanapun mereka mampu dan berhasil melaksanakan tugas tersebut,” harapnya.

Karena tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,serta melindungi dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Termasuk di Wilayah Provinsi Aceh, pungkas Danrem Agus Firman Yusmono. (Yuni)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close