JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, massa yang ikut dalam reuni 212 di Monumen Nasional, pada Sabtu (2/12/2017), jumlahnya hanya puluhan ribu orang. Sedangkan sebelumnya, Ketua GNPF Bachtiar Natsir mengklaim ada 3 juta orang hadir pada reuni 212 di Monas.

Argo menyebutkan, puluhan ribu orang berasal dari Jakarta maupun luar pulau Jawa. “Kurang lebih 30-an ribu, dari lingkungan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, juga ada,” ujar Argo di lokasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengapresiasi massa yang membuat acara berjalan kondusif. Hal-hal yang menonjol pun tidak terjadi.

“Tentunya kita juga terima kasih dari mulai perencanaan dari awal sampai akhir situasi terlihat kondusif dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu polisi masih melakukan pengamanan sampai kepulangan para peserta. Argo menuturkan mereka tidak memberikan pengawalan khusus kepada para peserta. Sementara untuk lalu lintas diberlakukan secara situasional di lapangan.”Kita tunggu saja, tunggu massanya situasional,” ucapnya.

Sebelumnya, Massa berkumpul di kawasan Monas sejak Subuh dan mendengar orasi dari berbagai tokoh yang hadir seperti Amien Rais, Fahri Hamzah, Anies Baswedan, dan lainnya.

Ketua GNPF, Bahtiar Nasir menyebut reuni akbar 212 dihadiri sekitar 3 juta massa. “Tiga jutaan lah. Itu maksimal ya,” sebutnya ditemui usai berorasi.

Bahtiar mengatakan, jutaan massa itu datang dengan damai. Aparat juga telah menjamin pengamanan aksi sehingga bisa berjalan damai dan lancar.

“Saya dengar juga dari pihak aparat menjamin tak ada kerusuhan dan saya juga mendengar kalau ini semata-mata ingin reuni, ingin Maulid,” jelasnya. (Firman)