PIDIE – Penyerahan 130 (seratus tiga puluh) buku pintar Bhabinkamtibmas dalam pengawalan dana desa berlangsung pada Selasa (05/12/2017) sekira pukul 09.00 Wib, pagi tadi di Mapolres Pidie.
Wakapolres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE didampingi Kasat Binmas AKP Rahmad Nuzuluddin menyerahkan buku pintar secara simbolis kepada perwakilan Bhabinkamtibmas dari Polsek Pidie, Polsek Kota Sigli dan Polsek Indrajaya.

“Buku pintar tersebut disalurkan kepada seluruh para Bhabinkamtibmas di Polsek Jajaran Polres Pidie sebagai Pedoman atau panduan tugas dalam melakukan pengawalan dana desa sesuai dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemendes tertinggal, Kemendagri dan Kapolri yang telah ditanda tangani dalam beberapa pekan yang lalu,” sebut Kasat Binmas AKP Rahmad Nuzuluddin saat di konfirmasi oleh awak Media.

Buku dengan ketebalan 33 (tiga puluh tiga) lembar tersebut berisikan dasar pedoman tugas Kepolisian, tugas Pokok Bhabinkamtibmas, Fungsi Bhabinkamtibmas, Wewenang Bhabinkamtibmas, Daftar Istilah, Latar Belakang, Dasar Hukum, Peraturan perundang – undangan terkait pengelolaan keuangan desa, Sumber Pendapatan Desa, Skema Sumber Pendapatan Desa, Alur Penyusunan Anggaran, Penggunaan dan Pengelolaan Dana Desa,

“Asas Pengelolaan Dana Desa, Pengawasan Dana Desa, Peran Bhabinkamtibmas dalam pengelolaan Dana Desa, Ketentuan Pikor Dalam Penyimpangan Dana Desa, dan Pengadaan Barang dan Jasa,” kata Mantan Kasubbag Hukum Polres Pidie tersebut.

Dengan adanya panduan buku tersebut, para Bhabinkamtibmas, tidak akan ragu lagi dalam melakukan tindakan di lapangan terkait penggunaan dana desa di Kab.Pidie dan Pidie Jaya. (Muhammad)