NEWS

Anis Baswedan Akan Berdayakan Penyandang Disabilitas di Pemprov DKI Jakarta 

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anis Rasid Baswedan mengunjungi Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, di Jalan Peta Utara Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, Rabu (6/12/2017).
Kedatangan Gubernur DKI Jakarta dalam rangka Hari Disabilitas Nasional yang diselenggarakan di halaman Panti tersebut. Selain Gubernur DKI, hadir pula Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrohan dan Walikota Jakarta Barat, H. Anas Effendi serta Camat Kalideres,para lurah sekecamatan Kalideres, Danramil Kalideres serta Kapolsek Kalideres.

Dalam acara itu, seorang penyandang inklusi melantunkan ayat suci Alquran di hadapan Gubernur dan Walikota Jakarta Barat. Lantunan suara seorang penyandang disabilitas yang merdu itu tampaknya membuat Walikota Jakarta Barat, H. Anas Effendi sempat tertidur sejenak di samping Gubernur DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, para penyandang disabilitas ini mereka tidak membutuhkan selain sekedar belas kasihan. Mereka,kata Anies, bukan membutuhkan pemberian-pemberian, yang mereka butuhkan adalah perlakuan yang setara didalam semua urusan.

“Artinya kesempatan kerja, kesempatan berkarya dalam dunia nyata, dan kita juga Insya Allah di kota jakarta ini akan menjadi kota layak anak, tapi mudah-mudahan ini layak oleh penyandang disabilitas. Dan sangat dibutuhkan sekali kesadaran  kita untuk merespon secara positif,saudara-saudara kita degan ability yang penyandang disabilitas ini bisa ikut terlibat dalam semua kegiatan di masyarakat,” ujar Anis

Gubernur menghimbau,kepada berbagai institusi dari masyarakat agar masalah kesejahteraan bisa menjadi kesempatan bagi semua untuk berkarya termasuk di dunia usaha.”saya sampaikan terima kasih apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang melakukan kegiatan di bidang sosial termasuk berbagai organisasi perdagangan yang secara langsung dan tidak di dalam penanganan surat saudara kita dengan status penyandang disabilitas.
Dan saya berharap, dengan saling mengingatkan, kita bisa meningkatkan percaya diri mereka dan juga memiliki kesempatan berkarir dan saya berharap jika semua ikut mengirimkan pesan bawah ini bukan orang yang memiliki kekurangan,akan tapi memiliki kemampuan yang berbeda dibanding saudara-saudara kita yang lain.” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih yang berlokasi di jalan Peta Utara, Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, Ngapuli mengatakan jumlah penyandang disabilitas di panti ini mencapai 250 orang dari usia 7 tahun sampai 37 tahun terdiri dari laki dan perempuan.

“Kita memberikan apresiasi kepada mereka atas adanya prestasi salah seorang penyandang disabilitas hingga mencapai keluae negeri. Di Hari disabilitas Nasional ini, harapan kami,agar masyarakat tidak menjauhi mereka (inklusi), mereka sama dengan kita (manusia),dan yang memiliki perasaan. Mereka adalah aset yang punya hak untuk berkarir dan sukses,” tutupnya. (Leman) 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close