TANGSEL – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten akan dicanangkan sebagai Kota Sepeda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel bersama Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tangsel.

Rencananya, pencanangan tersebut akan dilakukan di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Sabtu (16/12/2017) dan akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan pengurus ISSI Pusat serta seluruh komunitas sepeda di Tangsel.

Selain itu, awal kegiatan kopi pagi tersebut dilaksanakan bersamaan dengan acara pengukuhan pengurus ISSI Tangsel periode 2018/2022.

Demikian diungkapkan Ketua ISSI Kota Tangsel, H. Dudung E. Dirdja saat memberikan keterangan persnya tentang rencana kegiatan ‘Tangsel Bike Fest 2017’, di Tandon Ciater, Serpong. Kamis (14/12/2017).

“Kita patut mengapresiasi karena pemerintah kota sudah mengagendakan program tersebut. Dan mudah-mudahan pencanangan Tangsel sebagai Kota Sepeda ini akan menjadi ikon yang pertama di Indonesia,” papar Dudung.

Sebab menurutnya, di beberapa kota besar di Indonesia hanya ada julukan kota sebagai ramah bersepeda dan hari bersepeda.

Dalam kesempatan tersebut Mantan Sekertaris Daerah Kota Tangsel ini juga menegaskan bahwa bicara sepeda di Tangsel harus berjalan pada dua hal. Yaitu prestasi atlet dan pariwisata.

Sementara wakil ketua ISSI, Iwan Giwangkara mengatakan, bicara tentang sepeda, Kota Tangsel memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

Setiap akhir pekan, kata Iwan, masyarakat dari Jakarta, Bekasi dan Bogor, berbondong -bondong datang ke Tangsel untuk bersepeda sambil menikmati wisata kota bersepeda. (Sur)