Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hj Airin Rachmi Diany, sukses membawa Kotanya menorehkan prestasi pada pengujung 2017. Berkat 100 inovasi, Tangsel meraih peringkat 2 di Innovative Government Award (IGA) 2017. Penghargaan bergengsi itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 18 Desember.

“Bagaimana membangun hubungan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah yang efisien dalam memperkuat otonomi daerah,” ujar Tjahjo Kumolo

Rinciannya yakni meliputi aspek kuantitas, aspek kualitas dan aspek manfaat tambah Tjahjo dalam pidatonya.

Selain Tangsel, IGA 2017 untuk kategori kota juga diraih oleh Makasar, Surabaya, Surakarta, Probolinggo, Magelang, Yogyakarta, Pontianak, Sawahlunto, dan Bontang. 

Adapun untuk kategori kabupaten, 10 daerah terpilih yakni Lebak, Madiun, Malang, Gresik, Sleman, Boyolali, Bogor, Musi Rawas, Bantaeng, dan Pinrang. Sedangkan tingkat provinsi hanya tiga yakni Jabar, Jatim dan Sumsel. 

Pelaksanaan IGA ini sendiri melalui serangkaian tahapan, mulai dari penjaringan profil inovasi daerah pada bulan Agustus. Kemudian dilanjutkan verifikasi profil bulan September, validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan, dan pemberian penghargaan Inovative Government Award pada bulan Desember tahun 2017. 

Agenda ini sekaligus menandakan bahwa terlaksana amanat peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, dan ini sebagai wujud pembinaan dan pengawasan inovasi daerah, serta media untuk diseminasi praktek-praktek baik pemerintah daerah. (Ivan)