DaerahNEWS

LPM Diminta Dapat Mendukung Program Pemerintah

TANAH DATAR – Bupati Irdinansyah Tarmizi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis mengharapkan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dapat mendukung program pemerintah baik dari segi pembangunan, sosial, budaya dan harus siap menjadi ujung tombak dalam pelaksanaannya.

Hal itu disampaikan Mukhlis dalam Musyawarah dan Rapat Kerja pengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kabupaten Tanah Datar, di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB), Kamis (28/12/2017).

“Peran aktif LPM di semua tingkatan dituntut sesuai tertuang dalam UU 6/2014 tentang desa, serta PP 43/2014 tentang pedoman pelaksanaan Undang-undang desa dan PP 22/2015 tentang dalam penyusunan perencanaan pembangunan yang berskala nagari serta membangkitkan dan menggali partisipasi,” ucap Mukhlis.

Mukhlis mengatakan LPM sebagai mitra pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, dan  juga satu-satunya lembaga tempat masyarakat untuk ikut serta dalam mengawal pembangunan. 

“LPM adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang ada di Nagari yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan sebagai intitusi yang mampu menggerakan pembangunan dari segala aspek kehidupan,” ujarnya.

Di akhir sambutannya Mukhlis berpesan agar adanya kerjasama dari semua pihak terhadap organisasi DPC LPM Kecamatan, Camat maupun UPT Dinas yang ada serta mitra kerja lainnya, “harus adanya kerjasama yang lengkap agar program kerja Organisasi DPD LPM Kabupaten dan DPC LPM Kecamatan terlaksana dengan baik,” pungkas Mukhlis.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal yang diwakili Faisal A selaku Sekretaris dalam laporannya menyampaikan fungsi dari  LPM yakni tempat penampungan aspirasi masyarakat, peningkatan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, penyusunan rencana/pelaksanaan hasil-hasil pembangunan, penumbuh-kembangan swadaya gotong royong masyarakat dan pengembangan potensi sumber daya alam serta keserasian lingkungan hidup.  

“Diikuti seluruh ketua DPD LPM dan DPC LPM yang diharapkan akan bertanya pada sesi diskusi dengan narasumber nantinya tentang apa saja yang berkaitan dengan program LPM,” ujarnya. (Humas/Dayat)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close