DEPOK – Anggota TNI gadungan berpangkat Kolonel yang mengaku bertugas di Mabes TNI Cilangkap, diamankan anggota Sub Garnisun 0508 Kota Depok di rumah kontrakannya di RW 10 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok, pada Kamis (11/1/18) siang.
Komandan Kodim (Dandim) 0508 Kota Depok Letkol (Inf) Iskandarmanto mengatakan, pelaku Gusti Aji (45) diamankan anggotanya saat berada di sekitarJln. RTM di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

“Anggota di lapangan mendapatkan informasi dari warga tentang adanya anggota TNI yang berpangkat Kolonel yang kerap makan di warung makan. Dari sana anggota Subgarnisun mengadakan pengecekan ke TKP dan mendatangi tempat kontrakannya,” ujar Iskandarmanto didampingi Kepala Sub Garnisun 0508 Kota Depok Mayor Inf Slamet Mahendro, di Markas Sub Garnisun Depok, Kamis (11/1/18) siang.

Dengan adanya laporan dari warga itu, petugas langsung ke lokasi dan menemukan pelaku sedang berpakaian tentara berpangkat Kolonel. Pelaku menjadi perhatian warga karena setiap hari pelaku tidak berdinas atau ke kantor akan tetapi hanya berada di rumah kontrakan dan ke rumah makan.

“Anggota kita masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, apakah pelaku kerap melakukan penipuan atau tidak dan kegiatan negatif lainnya, masih kita periksa,” jelasnya.

Pelaku telah diamankan ke Mapolsek Sukmajaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Barang bukti yang disita dari pelaku antara lain; satu stel pakaian dinas lapangan (Pdl) dengan atribut Kopassus. Satu stel Pdl atribut Mabes TNI, satu stel pakaian dinas harian (Pdh) atribut Mabes TNI, satu topi Pdh pangkat kolonel, satu topi PDL (pakaian dinas lapangan) pangkat kolonel, satu buah baret kopassus, satu buah topi hitam TNI AD, dan satu buah topi Baret Armed.

Juga disita tiga pucuk pistol mainan, satu buah peples, satu buah helm Linud, satu pasang pangkat PDH kolonel, dua buah Sangkur Komando, satu bilah samurai, dua buah hp, dua buah Kotak amunisi kosong, satu buah Kopelriem, sepasang sepatu PDL, sepasang sepatu PDH dan satu stel tranning olah raga TNI Angkatan Darat. (Jones)