KABUPATEN TANGERANG – Dalam melakukan program-program pembangunan, maka perlunya dilakukan kegiatan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG), yang diselenggarakan di aula kantor Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Senin (5/02/18) siang.

Kegiatan pramusrenbang ini dihadiri Camat Kosambi Drs Toni Rustoni, Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Tangerang Cucu Hery, Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang Haji Maskota HJS SE, Kades atau Lurah dan Muspika Kecamatan Kosambi.

Camat Kosambi, Drs Toni Rustoni mengatakan, Musrenbang ini dilakukan untuk mengakomodir usulan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018, ada pun usulan yang telah dilaksanakan pada musrenbang tingkat Desa atau pun Kelurahan Tahun 2017 sudah terealisasi.

Drs. Toni Rustoni menilai, pentingnya kehadiran para Kepala Desa (Kades) atau pun Lurah saat dilaksanakan pramusrenbang tingkat Kecamatan, untuk mengetahui aspirasi dari masyarakatnya.

“Pramusrenbang di adakan setahun sekali guna menampung aspirasi dari Kades atau pun Lurah, kalau tidak hadir bagaimana untuk menyampaikan aspirasinya, bagi Kades atau Lurah yang tidak hadir berarti tidak ingin adanya pembangunan di Desanya,” tegas Camat Kosambi.

Lanjut Toni Rustoni mengatakan, pembangunan tidak akan terlaksana tanpa adanya usulan dari masyarakat atau pun Kades serta Lurahnya, usulan-usulan pembangunan yang belum terealisasi agar segera di ajukan kembali untuk penambahan.

Sementara, Kabid Sosial budaya (Sosbud) Bappeda Kabupaten Tangerang, Cucu Hery menjelaskan, pramusrenbang ini sangat baik untuk terarahnya perencanaan pembangunan ditingkat Desa, Kecamatan atau pun Kelurahan, melalui pramusrenbang ini diharapkan bisa memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan di masyarakat.

Lebih lanjut Cucu menambahkan, pentingnya Kades dan masyarakat hadir di musrenbang guna menyampaikan aspirasinya agar kebutuhannya bisa difasilitasi. Kades yang tidak hadir saat pramusrenbang berarti tidak peduli akan pembangunan dilingkungannya,” tutupnya. (Igor)