JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta berencana untuk memperbanyak jalur sepeda di jalan protokol Ibu Kota, rencana itu di dukungan berbagai kalangan. Salah satunya dari Ketua DPD Koalisi Muda Perindo (Komando) Jakarta Barat, Imam Akhirman.

Wacana ini mencuat setelah insiden tewasnya pesepeda Raden Sandy Syafiek (37) yang ditabrak mobil di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Menurut Imam, sudah saatnya Pemprov DKI memberi perhatian lebih kepada para pesepeda. “Kendaraan yang ramah lingkungan dan menyehatkan seperti sepeda itu harus kita dukung. Saya setuju jalur sepeda diperbanyak,” kata Imam kepada indonesiaparlemen.com di Jakarta, Rabu (13/2/18) pagi.

Dia juga mengatakan, di tengah pencemaran udara dan polusi yang tinggi serta kemacetan lalu lintas di Jakarta, diperlukan lebih banyak orang beralih ke sepeda. “Saya kira, sepeda harus mulai dibudayakan di Jakarta,” jelasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, sebelumnya mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan dari komunitas pesepeda terkait penambahan jalur itu.

“Komite Sepeda Indonesia (KSI) sudah mengajukan rencana untuk memulai kembali jalur sepeda. Saya sangat mendukung dan sekarang lagi digodok dan mereka akan menyampaikan. Karena ini harus bottom-up, harus dari komunitasnya,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/2/18) lalu.

Sandiaga meminta agar para pengendara untuk saling menghormati. Khusus pengendara roda empat, harus memberikan rasa hormat kepada pengemudi kendaraan yang lebih kecil.

Komunitas pekerja bersepeda Rocketers juga meminta ke Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk mengampanyekan “Jakarta Sahabat Sepeda”. (Jones/Truspaldi)