LHOKSEUMAWE – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P,M.Si beserta Perwira stafnya menerima kehadiran Tim Pos Audit Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad), dengan Ketua Tim Kolonel Inf M. Abduh Ras, S.E, M.Tr, beserta anggota tim audit itjenad, di Makorem 011/Lilawangsa, Senin (19/2/2018).

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P,M.Si menyebutkan, Kehadiran Tim Itjenad di Makorem 011/Lilawangsa dalam rangka acara pembukaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Pos Audit Inspektorat Jenderal Angkatan Darat merupakan bagian dari rangkaian fungsi pengendalian dan pengawasan dalam upaya mendukung suksesnya program pembinaan TNI-AD, khususnya kelancaran tugas di satuan Korem 011/Lilawangsa ke depan.

Saat ini kebijakan pemerintah tentang reformasi birokrasi bidang penguatan fungsi pengawasan internal, kita tentu saja mengapresiasi upaya serius TNI-AD melakukan konsolidasi dalam rangka meningkatkan kemampuan atas kinerja dan tertib administrasi.

“Dari itu, seberapapun anggaran yang diterima harus dapat dipertanggung jawabkan secara transparan dan akuntabel, karena keberhasilan pelaksanaan program kerja dan anggaran TNI juga tergantung pada pelaksanaan kegiatan inspektorat dalam mendorong penguatan fungsi pengawasan guna mengawal pengelolaan anggaran dan tercapainya pelaksanaan program kerja, khususnya Korem 01/Lilawangsa dan jajarannya,” harap Danrem Agus Firman Yusmono.

Selanjutnya pada acara yang sama, Ketua Tim Kolonel Inf M. Abduh Ras, S.E, M.Tr menyampaikan, pengawasan merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya in-efisiensi disegala bidang. Fungsi wasrik dalam suatu organisasi maju dan modern merupakan sebuah proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan, karena wasrik menjadi bagian integral dari sebuah sistem.

Selain itu Ketua Tim mengatakan, kepada seluruh satuan harus kooperatif dan memberikan data-data yang lengkap dan akurat, dengan tujuan bila dalam pelaksanaan wasrik nantinya masih ditemukan adanya kekurangan dan kesalahan atas produk-produk dan kelengkapan administrasi, tim akan memberikan penjelasan dan masukan sesuai ketentuan. “dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan menjadi perbaikan kinerja kedepan satuan Korem 011/Lilawangsa beserta jajarannya,” ungkapnya.

Kehadiran Tim Pos Audit Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) hendaknya jangan dijadikan sebagai sesuatu yang memberatkan, tetapi justru jadikan sebagai peluang untuk memperoleh masukan konstruktif guna pemecahan berbagai kekurangan, khususnya yang bersifat teknis atau prosedural, agar dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan tugas selanjutnya.

Acara pembukaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Pos Audit Inspektorat Jenderal Angkatan Darat di Makorem 011/Lilawangsa, turut dihadiri Kasrem 011/LW Letkol Inf Shofanudin, Dandim 0103/Aut Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, para Komandan/Kepala Satuan Dinas Jawatan (Satdisja) jajaran Korem 011/LW, para Staf dan satuan Administrasi Korem 011/LW dan jajaran, serta para anggota Tim dari Itjenad yang hadir. (Yuni)