JAKARTA – Guna untuk menekan segala bentuk tindak Kriminalitas di wilayah hukum Jakarta Barat, kini Polres Metro Jakarta Barat siapkan pasukan elit yang terbentuk dengan nama Tim Pemburu Preman (TPP).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH, menggagas TPP karna terinspirasi ketika dirinya menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, saat upaya menghadapi tindak kejahatan kriminalitas yang dinamis.

Sejumlah pasukan TPP yang terdiri dengan 27 pria dan 3 wanita berlatihan di Lemdiklat Reskrim Megamendung di Jawa Barat, selama dalam satu minggu.

“Tiap personel akan dibekali berbagai kemampun untuk menghadapi segala resiko ancaman dalam tugas dilapangan, serta mereka diberikan pelajaran kelas pendidikan dan pelatihan khusus oleh Tim Ahli Tactical Densus,” papar Komandan TPP Kompol Egman. Kamis (22/2/2018).

Beberapa tahap pelatihan untuk pemantapan personel diantaranya, kata Egma. mulai dari kedisiplinan atau materi pengenalan senjata laras panjang dan laras pendek, sekaligus cara menembak jarah dekat dan jarak jauh serta cara mengendalikan motor disetiap medan sampai dengan belajar bela diri untuk melumpuhkan lawan dari jarak dekat secara one by one maupun berkelompok,” sambungnya.

Tak hanya sampai disitu, disisi lain pun Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes pol Hengki Haryadi, SIK MH, menambahkan, materi pelajaran dasar-dasar hukum juga dibekali untuk para personel dalam melakukan tugasnya secara Preemtif atau Preventif maupun Refresif sebagai stricking force. “supaya mereka tidak ragu lagi saat bertindak dilapangan, artinya sudah matang,” tutupnya. (Herpal)