JAKARTA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Genap berusia 66 tahun. Pasukan Elite TNI Angkatan Darat (AD) ini menjalankan tugasnya dengan mengandalkan operasi Sandi Yuda.

Dengan bertambahnya usia, diharapkan semakin Jaya dan memegang teguh amanah sebagai prajurit dalam segala aspek untuk Menjaga keutuhan NKRI.

“Apalagi, sekarang ancaman global untuk bangsa Indonesia semakin nyata. KOPASSUS adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia,” ujar Komandan Sat-81 Gultor, Kol inf Yudha Airlangga kepada wartawan, Senin (16/04/18) malam.

Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Tugas Kopassus dalam Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya; Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Selain itu, Tugas Kopassus saat Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya; Humanitarian Asistensi (Bantuan Kemanusiaan), AIRSO (Operasi Anti Insurjensi, Separatisme dan Pemberontakan), Perbantuan terhadap Kepolisian dan Pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Dalam acara yang di gelar di Markas Satuan 81 Gultor Kopassus Cijantung pada malam ini cukup meriah, di hadiri Komandan Sat-81 Gultor Kol. Inf Yudha Airlangga beserta Keluarga Besar ibu Persit Kopassus dan Anggota Sat-81 Gultor Kopassus.

Acara ini diharapkan juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan diantara anggota Sat-81 Gultor Kopassus agar lebih solid dalam menjalani kebersamaan diantara anggota dan Keluarga besar Kopassus. (Rohman/Jones)