KABUPATEN TANGERANG – Sekolah Dasar (SD) Negeri Kramat V memperingati hari kartini yang bertepatan pada tanggal 21 April. kendati demikian peringatan hari kartini tersebut diiringi dengan adanya pentas seni yang diselenggarakan oleh para dewan guru. pada Sabtu (21/4/2018) dihalaman sekolah.

Menurut keterangan kepala sekolah SDN Kramat V Haerudin SPd diruang kerjanya, peringatan hari kartini ini sangat penting kita lakukan kepada para siswa-siswi untuk mengenal sejarah.

“Hikmah peringati hari kartini itu agar mereka dapat mengenal siapa sebetulnya Raden Ajeng Kartini itu,” ujarnya.

Selain itu, ujar kepsek agar para siswa-siswi ini dapat terinspirasi dari perjuangannya tersebut.sebab pada waktu itu dijamannya Raden Ajeng Ibu Kartini para wanita khusuanya pada jaman penjajahan waktu silam itu tidak boleh sekolah sampai tinggi.

“Dengan adanya Raden Ajeng Ibu Kartini.mudah-mudahan muncul kartini-kartini baru.sebab dalam perjuangannya itu ia merintis agar supaya emansipasi wanita untuk penyetaraan gender pada waktu itu,dan Alhamdulillah dari perjuangan beliau itu para wanita tidak dibatasi untuk bersekolah sampai jenjang perguruan tinggi,” paparnya.

Dikatakanya acara pentas seni tersebut rutin diadakan setiap tahunnya. “biasanya pentas seni itu kita adakannya pada kenaikan kelas berhubung kenaikan kelas pada tahun ini jatuh pada bulan suci ramadhan makanya kita undur untuk nyari hari yang tepat. dan diadakannya pentas seni ini berbarengan pada peringatan hari kartini ini,” paparnya kepada Indonesia Parlemen.com,. (Surta)