BATUSANGKAR

– Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengajak pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Tanah Datar untuk menjadi pelopor anti narkoba dan penyakit masyarakat lainnya. Hal ini disampaikannya saat membuka acara sosialisasi bahaya narkoba bagi siswa SMA se-Kabupaten Tanah Datar di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar Kamis (26/4/2018).

Kegiatan sosialisasi yang di prakarsai oleh Alumni SMA Negeri 1 Batusangkar angkatan 88 yang sekaligus memperingati 30 tahun tamat di sekolah tersebut.

Hadir pada acara tersebut Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, Kajari Tanah Datar M. Fatria, Kepla Sekolah SMA N 1 Batusangkar, Ketua Alumni 88 Kolonel Pasukan. Novla Mirsyah, Majelis guru dan ratusan siswa SMA se-Kabupaten Tanah Datar.

Wabup Zuldafri Darma dalam setiap sambutannya selalu menginangtakan generasi muda untuk menjauhi narkoba. “mari kita bertekad untuk menolak peredaran narkoba, penyakit masyarakat dan jadilah peserta yang hadir sekarang menjadi Pelopor Anti Narkoba,” ucap wabup didepan hadapan ratusan siswa. Tidak hanya itu, beliau juga memasangkan pin tanda sebagai pelopor dilingkungan tempat tinggal masing-masing siswa.

Wabup tambahkan pemerintah kabupaten Tanah Datar akan terus mengintensifkan penyuluhan bahaya narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya kepada masyarakat, terutama kalangan pelajar dan generasi muda. “Dengan harapan pelajar dan generasi muda jangan sampai terjerumus kepada obat-obat terlarang tersebut,” ucapnya.

Wabup Zuldafri juga mengatakan seluruh komponen masyarakat. “pemerintah daerah dan instansi lainnya telah sepakat perang melawan narkoba,” ungkapnya yang juga selaku Ketua BNK Tanah Datar.

Diakhir sambutannya wabup sampaikan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Alumni 88 yang telah menggagas acara ini, dan kepada peserta diharapkan, ikuti kegiatan ini dengan baik agar nantinya dapat diterapkan di lingkungan masing-masing.

Sebelumnya Ketua Alumni 88 Kolonel Pasukan. Novla Mirsyah yang sekaligus Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan sosialisasi ini kami lakukan didasari atas keprihatin kami terhadap generasi muda khususnya pelajar agar tidak terjerumus ke dunia narkoba.

“Kita sangat prihatin dengan maraknya pelajar dan generasi muda yang terlibat kasus narkoba,” kata Novla Mirsyah.

Novla tambahkan, tema dari kegiatan ini yaitu “Mewujudkan Generasi Muda Tanah Datar Yang Sehat, Berakhlak, Terpelajar, Berprestasi dan Berkarakter Tanpa Narkoba”. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman bahaya penggunaan narkoba bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat, meningklatkan kesadaran hukum terhadap segala hal yang berkaitan dengan narkoba (memiliki, menggunakan dan mengedarkan). “dan yang terpenting memberikan pemahaman bagi siswa SMA sebagai generasi penerus bangsa agar berakhlakmulia dan menghindari narkoba,” terangnya.

Selanjutnya, narasumber dihadirkan dari Kepolisian Resort Tanah Datar dan Badan Narkotika Nasional dan kabupaten Tanah Datar dalam bentuk pemaparan.”diskusi dan pemutaran film pendek yang menginspirasi, pungkasnya. (Nazwira)