TANGERANG SELATAN – Sekitar 10 sekolah dasar (SD) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti lomba Polisi cilik (Pocil). Hal ini untuk sosialisasi dan pengetahuan tentang kedispilinan, kekompakan, seragam dan baris berbaris kaitan dengan tugas dan pelayanan kepolisian ke masyarakat.

“Kegiatan ini untuk memberikan motivasi, sosialisasi dan pengetahuan tentang kinerja petugas kepolisian sehari-hari dalam memberikan pelayanan ke masyarakat,” kata Kepala Satuan (kasat) Lantas Polres Tangsel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lalu Hedwin selaku ketua pelaksana lomba Pocil Tangsel, Sabtu (28/4/2018).

Mereka yang mengikuti lomba kebanayakan siswa kelas IV dan V serta setiap tim atau sekolah terdiri dari 30 orang siswa yang mengikuti lomba tersebut. Mereka yang berhasil meraih juara dalam lomba Pocil Kota Tangsel memprebutkan piala Kapolres Tangsel Cup tentunya akan mewakili Kota Tangsel dalam ajang Kapolda Cup dalam rangka Hut Bhayangkara ke 72.

“Penilaian oleh tim juri tentunya dari berbagai aspek seperti kekompakan, kedisiplinan, seragam dan tentunya baris berbaris,” ujar AKP Lalu Hedwin yang menambahkan bagi pemenang tentunya nantinya pihak Polres Tangsel akan memberikan karantina terlebih dahulu sebelum mengikuti even Kapolda Cup tahun 2018 mendatang.

Dalam lomba polisi cilik tersebut, ternyata mengundang kebanggan bagi para orang tua peserta, dan di pihak lain penampilan mereka menggemaskan. Meski masih anak-anak, penampilannya sudah rapi layaknya polisi yang sebenarnya. “Wah, menggemaskan, mereka kayak polisi beneran,” kata Susianti, seorang pengunjung.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan lomba seperti ini karena menjadi salah satu kegiatan ekstraklulikuler bagi siswa bahkan dapat menumbuhkan karakter disiplin siswa.

“Jelas Pemkot Tangsel khususnya jajaran Dindik Kota Tangsel mendukung kegiatan ini dan sangat berterima kasih kepada Kepolisian Tangsel karena telah memberikan dan menambah program pendidikan untuk meningkatkan karakter siswa,” tuturnya. (Glen)