JAKARTA – Penjagaan Ketat di tempat keramaian di Jakarta seperti Plaza Pinangsia hari ini di jaga ketat. Hal ini merupakan dampak dari teror bom yang terjadi di beberapa daerah seperti Surabaya, Mako Brimob Jakarta dan Mapolda Pekanbaru Riau yang terjadi hari ini. Rabu (16/5/2018)

Berdasarkan pantauan wartawan Indonesiaparlemen.com, pintu masuk orang dijaga ketat oleh petugas Security. Ada beberapa petugas yang dikerahkan untuk menjaga pintu masuk.

Pemeriksaan dilakukan dengan membuka tas dan barang-barang yang mencurigakan pengunjug. Petugas pun memeriksa lebih detail barang bawaan agar tidak kecolongan dalam situasi siaga-1 ini.

“Sekarang lebih detail memeriksa tas, Jadi kalau ada barang yang mencurigakan kita bongkar,” kata salah satu petugas keamanan, Teguh Priyanto kepada wartawan indonesiaparlemen.com di lokasi, Plaza Pinangsia Computer Center Glodok, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, Lanjutnya. Pengamanan di pintu masuk Plaza pun sama ketatnya. Untuk masuk ke dalam Plaza melalui pintu Lobby depan dan Belakang Plaza, seseorang harus melewati dua kali pengecekan tas dan barang bawaanya. Pengecekan tas ini dilakukan dengan detail dibandingkan sebelumnya.

Bila sebelumnya dalam tas hanya dilihat sebentar, maka sekarang tas benar-benar dipastikan isinya. Keamanan tersebut juga dilakukan sebanyak dua kali. Pertama secara manual oleh petugas dan kedua melalui metal detector.

Pengecekan yang dilakukan petugas pun tampak berlalu-lalang baik di luar pintu masuk Plaza maupun di dalam Plaza.sedangkan di dalam Plaza beberapa petugas berkeliling memastikan kondisi benar-benar aman.

Sementara itu, salah satu petugas Security Plaza Pinangsia, Hendarsyah, mengatakan saat ini kondisi keamanan Jakarta masuk kategori Siaga 1, Maka dari itu, Pusat perbelanjaan juga melakukan pengamanan ketat. “Hal itu dilakukan sejak Senin (14/5/2018 ) dengan Roling pengamanan 24 jam,” ungkapnya. (Rochman)