KABUPATEN TANGERANG – Akses jalan gang samping gedung pertemuan Hengki, Kampung Pangkalan Rt 02 Rw 06 Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang rawan kejahatan.

Dalam beberapa bulan terakhir, sering terjadi peristiwa perampasan motor dan handphone, saat suasana jalan sedang sepi, sasaran pelaku mayoritas wanita.

“Waktu itu aku mau pergi kerja pagi, tiga orang lelaki naik motor beat ijo putih merebut handphone yang aku pegang xiaomi 4A, lalu mereka langsung kabur,” ucap salah satu korban, Putri Lestari (22) dirumahnya, Kampung Pangkalan Rt 01/06, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Rabu (23/05/18).

Gadis yang biasa di sapa Puput (22), masih merasakan trauma serta rasa takut yang selalu menghantui, ketika ia akan pergi beraktivitas. “Kalau aku mau berangkat kerja jadi takut, hati aku deg-degan mikirin mereka datang lagi,” keluhnya.

Kondisi tersebut terjadi karena terlalu jauh dari pantauan penduduk, selain itu posisi jalan sunyi, ditambah kiri dan kanan dikelilingi dinding tembok, sehingga pelaku dengan mudah melakukan aksinya.

“Ya sering terjadi perampasan hp dan juga motor, kalau saya perhatiin sih lebih sering pagi kejadiannya, terus korbannya juga kebanyakan perempuan,” kata warga Rw 06, Firdaus (38) kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Rw 06, Suryadi (55) mengakui, di wilayahnya sering terjadi tindak pidana kejahatan perampasan handphone, tas dan motor, oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Benar, suka ada yang dirampas hpnya, termasuk anak saya juga pernah jadi korban, apalagi di jalan utamanya sering ada yang dirampas tasnya, termasuk didalam gang nya juga, udah berapa kali yang dirampas motornya, terus hpnya,” lugas ketua Rw 06.

Ia meminta, kepada aparatur setempat dan masyarakat, untuk saling bekerjasama menjaga lingkungan dari tindak pidana kejahatan, agar terasa aman serta nyaman, dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kita harus jaga Bareng-bareng, jangan mengandalkan satu dengan yang lainnya, saya juga meminta bantuan kepada pihak Kepolisian untuk membantu keamanan, dengan meningkatkan patroli, agar kami merasa tenang dan nyaman,” pintanya. (Surta/Igor)