TANGERANG SELATAN – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten, mengingatkan tentang pentingnnya pangan sehat kepada masyarakat, saat melakukan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan. Dengan mengangkat tema “Tips Memilih Pangan yang Aman di Bulan Ramadhan” yang di laksanakan di GOR Jl. KH Dewantara, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Selasa (5/06/2018).

Dalam acara sosialisasi ini, hadir langsung sebagai nara sumber Dra. Hj. Siti Masrifah, MA (Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB), Alex Sandre, S.Farm. Apt (Kepala Balai POM di Serang) dan Dr. Suhara Manulang (Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tangsel).

Sosialisasi ini dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri dari perwakilan ormas yang ada di Tangsel, seperti PCNU Tangsel, Banser, Ansor, tokoh masyarakat, kader pos yandu dan masyarakat umum.

Acara dikemas dengan Talk Show dan dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta. Kepala Balai POM Serang Alex Sandre, S.Farm. Apt. Selaku pembicara pada acara sosialisasi tersebut menyampaikan dalam paparannya, bahwa ada tiga cemaran yang berbahaya bagi pangan yang beredar di Indonesia, pertama cemaran biologis, kedua cemaran kimia dan yang ketiga cemaran fisik.

“Pangan tersebut harus bebas dari ketiga cemaran tersebut. Dimana cemaran bahan kimia itu seperti borak dan formalin, cemaran biologis seperti jamur dan bakteri, dan cemaran fisik seperti di dalam makanan ada rambut, pasir dan lain sebagainya. Bahan pangan harus bersih dan aman dari bahan yang berbahaya,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Balai POM sudah membeli sempel makanan yang beredar di daerah banten dan di uji dalam laboratorium soal kandungan makanan tersebut, mengandung bahan kimia apa tidak, saya mengingatkan kepada masyarakat, harus memperhatikan kemasan makanan bagus apa tidak dan ijin edarnya makanan tersebut,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan, Kepala Plt. Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Dr. Suhara Manulang yang mengatakan kalau masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Menurutnya banyak makanan yang mengandung zat kimia yang akan berbahaya bagi kesehatan.

“Makanan yang masuk ke dalam mulut kita harus bersih dari zat kimia. Karena makanan yang mengandung bahan kimia bisa mengganggu pada organ tubuh seperti jantung ginjal dan liver kita akan rusak, manusia membutuhkan makanan sehat dan aman agar tubuh kita menjadi prima,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dra. Hj. Siti Masrifah, MA selaku Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan dalam penyampaiannya kepada masyarakat, menurutnya kegiatan seperti ini penting dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan ia juga menyampaikan bahwa selaku wakil rakyat sudah seharusnya bisa melindungi rakyat yang diwakilinya. Dia menyampaikan bahwa ada UU no. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dimana di pasal 4a disebutkan apa yang menjadi hak konsumen dalam menggunakan barang dan jasa yang terdiri dari kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Konsumen juga memiliki hak diberi informasi, hak untuk komplain, hak untuk mendapatkan keselamatan serta hak untuk memilih.

“Apa yang didapat ilmunya hari ini, saya sampaikan kepada semua yang hadir agar ikut membantu mensosialisasikannya kepada orang orang terdekat, seperti suami, anak, saudara terdekat, baik keluarga maupun tetangga,” paparnya.

Lebih lanjut, Masrifah mengapresiasi adanya kegiatan seperti ini, karena baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat.

“Saya sebagai wakil rakyat, yang duduk di Komisi IX sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini, yang diadakan oleh Balai POM Serang Provinsi Banten, sebab kegiatan seperti ini baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat dan bisa mengadvokasi tips memilih makanan yang aman yang tidak mengandung zat yang berbahaya dan yang sehat.” pungkas Masrifah. (Glen)