LANGSA – Pemerintah Kota Langsa melalui Baitul Menyalurkan zakat untuk senif fakir dan miskin, Kamis (7/6) di Aula Setda Pemko Langsa.

Kepala Baitul Mal Kota Langsa Alamsyah mengatakan, total zakat yang disalurkan sebesar Rp. 1.080.000.000 (Satu milyar Delapan Puluh Juta Rupiah), yang terdiri dari zakat untuk senif fakir Rp. 360.000.000 dan senif untuk miskin berjumlah Rp. 720.000.000.

Untuk senif fakir ada tiga kategori, fakir uzur berjumlah 150 orang, fakir cacat berjumlah 100 orang dan fakir melalui usulan dari imam Gampong berjumlah 1.500 orang.

“Untuk fakir uzur dan fakir cacat sudah kita salurkan terlebih dahulu, sedangan fakir yang diusul oleh para imam gampong hari ini kita bagikan,” ujarnya.

Dijelaskannya, fakir cacat mendapatkan zakat dalam bentuk uang sebesar Rp. 300.000 perorang, fakir uzur mendapatkan zakat sebesar Rp. 600.000 perorang.

“Untuk fakir uzur kita bagi dalam dua tahap,” imbuhnya.

Sedangkan untuk senif miskin, lanjutnya, jumlah penerima sebanyak 4.900 orang dengan besaran zakat yang diterima sejumlah Rp. 100.000 perorang.

“Kita ada juga bagikan zakat miskin untuk pasien rujukan, pasien yang dirujuk ke Medan atau ke Banda Aceh yang tidak mampu juga diberikan, dan ini satu – satunya program Baitul Mal Kota Langsa yang ada di Aceh,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM memberikan apresiasi kepada Baitul Mal yang telah menghimpun zakat.

“Kami menyampaikan terima kasih, peghargaan dan apresiasi kepada kepala Baitu Mal beserta seluruh jajarannya, yang telah bekerja keras berusaha sekuat tenaga mengumpulkan zakat dan juga infak di Kota Langsa,” katanya.

Dikatakannya, saat ini masih ada masyarakat yang menyalurkan zakat secara langsung kepada masyarakat tidak melalui Baitul Mal.

“Ini tidak seluruh yang wajib zakat menyalurkannya melalui Baitu Mal, ada juga yang tidak, bahkan lebih besar potensi zakat disana, ada yang disalurkan sendiri,” sebutnya.

Untuk itu Marzuki mengajak seluruh komponen agar dapatmensosialisasikan kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui Baitul Mal.

“Oleh karena itu, ini menjadi tugas kita terutama Baitul Mal, Pemerintah Kota Langsa, Bapak –bapak di DPR, Instansi lembaga vertikal, pak Geuchik, pak imam, kami berharap supaya bisa bersosialilasi berkaitan dengan pengumpulan zakat dan infak ini,” tandasnya.

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh jika zakat disalurkan melalui Baitul Mal.

“Karena banyak sekali keuntungan – keuntungan yang akan diperoleh dengan disalurkan melalui Baitul Mal, bisa lebih menjaga pemerataan didalam penyalurannya sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRK Langsa Burhansyah SH, perwakilan Kodim 0104/Atim, perwakilan Polres Langsa, perwakilan MPU Langsa, Camat, kepala Badan/Dinas, para Geuchik dan Imam Gampong. (Yuni)