TANAH DATAR – Menghadapi masa

liburan panjang dan hari Raya Idul Fitri 1439 H, Bupati Tanah Datar menghimbau seluruh lapisan masyarakat, mahasiswa, ASN dan sanak rantau yang mudik ke kampung halaman untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama di lokasi-lokasi keramaian.
Hal ini disampaikan Kadis Perkim LH Tanah Datar Dessy Trikorina kepada Humas melalui jaringan telepon, Selasa (12/6/2018).
Dessy menambahkan, himbauan ini merupakan tindaklanjut Pemerintah Tanah Datar atas himbauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Mudik tanpa Sampah.
“Kementerian LHK menyatakan arus mudik atau pulang basamo para perantau ke kampung halamannya kerap menyisakan sampah di sepanjang ruas jalan, terutama bila terjadi kemacetan panjang,” tambah Dessy.
Berawal dari situ, kata Dessy, Bupati Irdinansyah Tarmizi juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, Mahasiswa, ASN dan lainnya ketika melaksanakan kegiatan di keramaian hendaknya memakai peralatan makanan dan minuman yang dapat diguna ulang seperti kotak makanan, sendok, garpu dan tempat air minum.

“Hendaknya masyarakat mengurangi pemakaian dan penggunaan wadah atau peralatan sekali pakai, seperti bungkusan berbahan plastik yang sangat berpotensi untuk menjadi sampah yang akan mencemari lingkungan,” katanya.

Di akhir himbauannya Bupati, sampai Dessy berharap kepada OPD terkait, perguruan tinggi dan Wali Nagari untuk menyediakan fasilitas pembuangan sampah di lokasi dan wilayah masing-masing.

“Pak Bupati menghimbau dan berharap kepada kepada intansi terkait, pimpinan perguruan tinggi dan Wali Nagari untuk mempersiapkan sarana dan prasarana persampahan, seperti tong sampah terpilah di lokasi umum dan lokasi keramaian,” pungkas Dessy. (Nazwira)