NEWS

Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini dan Besok

JAKARTA – Kementerian Perhubungan menyebut telah terjadi lonjakan pemudik saat ini, diperkirakan puncak arus balik terjadi pada hari ini dan besok. Lonjakan pemudik menggunakan transportasi udara, darat dan laut.

“Lonjakan angkutan udara 14,76 persen dibandingkan tahun lalu. Semalam sekitar pukul 00.00 WIB masih sekitar 13 persen, pagi tadi sudah 14,76 persen,” kata Ketua Posko Angkutan Lebaran Kemenhub, Arif Toha kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/6/18) siang.

Secara pasti jumlahnya masih bisa bertambah. Arif mengatakan sudah menyediakan ekstra flight juga, total ada sekitar 936 ekstra flight.

Di sektor kereta api peningkatan belum signifikan atau baru sekitar 0,4 persen. Dia menilai ini masih terkendali sampai saat ini, karena di kereta api ada yang mudik setelah Lebaran H+2.

‌Untuk jalur laut, dia mengatakan terus memantau disebanyak 52 Pelabuhan. Di Pelabuhan merak hingga kemarin telah terjadi kenaikan penumpang hingga 6.000-an atau kenaikannya sekitar 8 persen dibanding tahun lalu. Tahun 2017 jumlah penumpang 40.875 dan 46.747 penumpang di 2018.

Dirinya belum bisa memperkirakan berapa persen pertumbuhan penumpang hari ini di Pelabuhan Merak, karena perilakunya agak berbeda di masa liburan yang sebentar lagi selesai. “Belum bisa prediksi lebih lanjut tapi yang jelas ada kenaikan,” jelasnya.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga memprediksi puncak arus balik mudik akan terjadi mulai hari ini hingga Rabu (20/6/17) atau H+5 Lebaran besok.

Ditempat terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dishub DKI Jakarta, Mohammad Faisol, mengatakan tingginya angka kedatangan pemudik di sejumlah terminal Ibukota sudah terlihat sejak Senin (18/6/18) atau H+3 Lebaran kemarin.

“Per-18 Juni 2018, total angka kedatangan di sejumlah terminal tercatat sebanyak 27.984 penumpang. Seluruhnya diangkut menggunakan 1.186 bus,” ujarnya, Selasa (19/6/18) siang.

Menurut Faisol, hal ini mengalami kenaikan jika dibandingkan periode yang sama pada musim mudik Lebaran tahun lalu dengan jumlah 25.580 orang penumpang.

Tingginya angka kedatangan penumpang saat musim arus balik Lebaran pada tahun ini paling dominan terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur dan Kalideres, Jakarta Barat.

“Tingginya intensitas kedatangan terjadi di Terminal Tanjung Priok, Grogol, Lebak Bulus, Pinang Ranti dan Rawamangun,” katanya. (Jones)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close