BALI – Partai PKPI melalui Bidang PBN (Penanggulangan Bencana Nasional) membuka Posko Bantuan Bencana di Desa Batu Sesa. Posko ini memberikan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada warga yang menjadi korban erupsi Gunung Agung, Bali.

Ketua Bidang PBN-PKPI, Suheryatno, menuturkan, pihaknya tergerak secara kemanusiaan untuk menolong para korban bencana di berbagai daerah. Untuk itu dia bersama anggota PKPI dan masyarakan yang mau menjadi relawan, mendirikan posko korban erupsi Gunung Agung.

“Lokasi posko ini berjarak 10 Km dari titik erupsi Gunung Agung, pemerintah menghimbau kepada masyarakat yang tinggal dalam radius 4 Km untuk mengungsi,” jelas pria yang akrab dipanggil Ahi ini kepada indonesiaparlemen.com, Minggu (8/7/18) siang.

Pendistribusian bantuan PBN-PKPI kepada pengungsi korban Gunung Agung tersebut mulai dilaksanakan sejak hari ini. Pemberian bantuan berupa; beras, buah-buahan, masker, sayuran, sarung tangan serta obat-obatan untuk anak-anak dan orang dewasa di posko tersebut langsung diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Pada saat yang sama, anggota DPRD yang juga Ketua DPP (Dewan Pengurus Provinsi) PKPI Bali, I Wayan Kade, berkesempatan hadir dan turut membagikan bantuan.

Menurut warga yang ikut mengungsi, mereka sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Selama ini mereka sangat menantikan bantuan dan kepedulian dari para dermawan. “Untuk sementara ini kami tidak membutuhkan bantuan pakaian, yang kami butuhkan adalah makanan dan obat-obatan,” ujar Ni Nengah (51).

Erupsi Gunung Agung yang terjadi menyebabkan warga yang tinggal dalam radius berbahaya harus mengungsi dan meninggalkan tempattinggalnya, batas teraman yang disarankan pemerintah adalah 12 Km dari pusat erupsi Gunung Agung. (Truspal/Jones)