MALUKU – Polda Maluku dari Kesatuan Ditpolair ini berhasil melaksanakan evakuasi dan patroli di perairan laut Banda. Kapal Polisi Air KP. XVI 2007 yang berada di Pos masohi mengadakan pengecekan kapal – kapal dan pengamanan rutin di sepanjang laut Banda guna memastikan Kelancaran serta Kemudahan dalam penciptaan kondisi area sepanjang laut Banda dengan keadaan aman Serta kondusif.

Disaat mengadakan pengecekan lapangan di sepanjang laut Kapal polisi Ditpolair Polda Maluku KP. XVI 2007, berhasil melakukan tugas kemanusiaan terhadap kapal KM. Anugerah Mulia yg mengalami kerusakan mesin di sekitar perairan Laut Banda, Rabu (25/7/2018).

Dari kerusakan yang di alami Kapal KM Anugerah Mulia dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di perairan antara lain kapal dikuatirkan hanyut dan terbawa arus sehingga akan mengganggu jalannya pelayaran di area jalur laut Banda.

Sehingga komandan kapal KP. XVI 2007 segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan kapal dan mengevakuasi serta menarik badan kapal yang mengalami kerusakan akibat mesin mati. Saat itu juga Komandan Kapal KP. XVI 2007 mengevakuasi Anak Buah Kapal yang berjumlah 5 orang dan berkoordinasi dengan Basarnas. (Rochman)